6 Kecamatan Dapat Hibah Australia

KEPAHIANG, BE – Sebanyak 6 Kecamatan di Kepahiang 1.500 warganya mendapatkan bantuan hibah Air Minum AusAID dari Australia. Hibah ini berupa pemasangan Sambungan Rumah (SR) PDAM Tirta Alami Kepahiang kepada masyarakat.

“PDAM Kepahiang mendapat jatah 1.500 SR dan akan diberikan setelah dilakukan survei kepada warga,” ujar Direktur PDAM Tirta Alami Kepahiang Karmolis ST kepada BE.

Dikatakannya, masyarakat yang mendapat bantuan adalah masyarakat yang lulus survei pihak PDAM. Salah satunya memiliki meteran listrik PLN dibawah 1.300 KWH.

“Kita sudah mulai pelaksanaan survey hari ini (Selasa) sampai selesai. Survey ini dilakukan lasngsung oleh tim konsultan Independen yang diutus oleh AusAUD,” jelas Karmolis.

Menurutnya, adanya bantuan hibah sambungan rumah ini memudahkan pelanggarn baru PDAM. Biasanya biasanya masyarakat untuk melakukan pemasangan baru kenakan biaya Rp 750 ribu. Namun adanya bantuan ini hanya dikenakan biaya Rp 450 ribu saja. “Syaratnya hanya lulus survei,” jelasnya.

Pelayanan baru diberikan kepada 6 Kecamatan, sebab 4 Kecamatan lainnya sampai dengan saat ini jaringan PDAM-nya rusak.”2 kecamatan belum bisa diberi bantuan yakni Kecamatan Bermani ilir dan Muara Kemumu,” tandasnya.(505)