6 Dewan Bengkulu Utara Bolos Sidang Paripurna HUT Kota Argamakmur

ARGA MAKMUR, BE – Sidang paripurna istimewa DPRD Bengkulu Utara untuk memperingati hari jadi Kota Arga Makmur ke-36, tidak dihadiri seluruh anggota dewan. Enam anggota DPRD BU memilih bolos tanpa keterangan. Enam orang anggota dewan yang tidak hadir tersebut adalah Ali Antor Harahap SE, M Jafrie SIp, Jasian Nadeak, Agus Riyadi, Pitra Martin dan Medi Rian.

Menurut Ketua DPRD BU Buyung Satria SH, undangan untuk seluruh anggota DPRD BU sudah dikirimkan. Untuk enam anggota dewan tersebut tidak memberikan keterangan berkaitan dengan ketidak hadirannya. “Tidak ada laporan sejauh ini mengenai ketidak hadiran mereka (anggota dewan, red),” kata  Buyung Satria SH.

Ketidakhadiran anggota dewan tersebut sangat disayangkan, karena agenda yang dilaksanakan oleh DPRD BU tersebut merupakan agenda dewan berkaitan dengan peringatan hari jadi Kota Arga Makmur sebagai ibukota Kabupaten Bengkulu Utara.  Semestinya, sebagai wakil rakyat yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan tugas, seperti halnya menghadiri sidang paripurna istimewa.  “Seharusnya mereka hadir karena agenda tersebut sangat penting bagi daerah,” ucap Buyung.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara Dr Ir Imron Rosyadi MM MSi, menyampaikan sejarah Arga Makmur yang saat ini menjadi ibukota Bengkulu Utara.  Bahwasannya, Kabupaten Bengkulu Utara awalnya beribukota di Kotamadia Bengkulu dengan jumlah kecamatan sebanyak 9 kecamatan, 24 marga, dan 296 desa (UU No. 4 Drt Tahun 1956).  Kemudian terbit Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1976 dengan perubahan pemerintahan menjadi 340 Desa dan 7 Kelurahan dalam 9 Kecamatan.  Seiring dengan perkembangan pemerintahan sampai saat ini Arga Makmur telah memiliki perubahan yang memadai baik dari insfrastuktur yang perlahan dilakukan hingga saat ini yang telah dirasakan bersama.

“Saat ini kondisi ekonomi masyarakat Bengkulu Utara sudah membaik.  Sejak dua tahun ini, trend kenaikan domestik nominal bruto meningkat di setiap tahunnya yang mencapai 5,75%, dan saat ini Bengkulu Utara telah menyelesaikan jalan menuju provinsi,” papar Imron.

Rapat paripurna istimewa kemarin juga dihadiri pejabat pemerintah yakni Sekprov Drs.Asnawi A Lamat M.Si, anggota DPRD dari partai PAN Hari Susanto, Sekda Bengkulu Tengah, Sekda Rejang Lebong, anggota DPRD Partai Demokrat, dan seluruh pejabat pemerintahan se-Kabupaten Bengkulu Utara. (117)