6 Desa di Benteng Cairkan DD Tahap I


Bakti/BE
SERAHKAN : Salah satu perangkat desa mendatangi DPMD Benteng untuk menyerahkan dokumen APBDes dan laporan realisasi penggunaan dana desa tahun anggaran 2020, Rabu (28/4).

BENTENG,bengkuluekspress.com – Jelang hari raya Idul Fitri 1442 H, Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berlomba-lomba mengajukan syarat pencairan dana desa (DD) tahap I. Dari 142 desa di Kabupaten Benteng, sebanyak 6 desa telah melakukan penarikan DD tahap I.
“Dana desa reguler tahap I telah disalurkan ke 6 desa. Sehingga, bantuan langsung tunai (BLT) bulan Januari sebesar Rp 300 ribu kepada warga yang terkena dampak Covid-19 telah dibagikan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Benteng, Drs Tomi Marisi MSi, melalui Kabid Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Neni Zarniawati SH.

Lebih lanjut, Neni menyampaikan, penyaluran DD saat ini langsung ditransfer oleh KPPN ke rekening kas desa (RKDes). Hanya saja, penyaluran DD baru bisa dilakukan setelah Pemdes melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Meliputi, dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) dan laporan realisasi atau penggunaan dana desa tahun 2020.
“Hasil pendataan kami, ada 30 desa sudah menyerahkan persyaratan dan dalam proses pengajuan persyaratan,” tambah Neni.

Dari keseluruhan DD tahap I (40 persen), ungkap Neni, 8 persen DD sudah disalurkan lebih awal ke seluruh desa. Dana 8 persen tersebut digunaan untuk pelaksanaan kegiatan penanganan dan pencegahan wabah Covid-19.
Bisa saja untuk pembelian masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan dan pembelian vitamin untuk masyarakat. Selain itu, dana tersebut juga bisa direalisasikan untuk kegiatan sosialisasi yang tujuannya mengedukasi masyarakat agar terhindar dari Covid-19.
“DD sebesar 8 persen sudah disalurkan ke 142 desa. Sebab, syarat penyalurannya memang dipermudah. Yaitu, tanpa menyampaikan dokumen APBDes,” tandasnya.(135)