6.896 Warga Berkurban

sapi-qurban
Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Antusias masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara (BU) untuk berkurban tahun ini sangat tinggi, hal tersebut bisa dilihat dari data jumlah masyarakat berkurban dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 6.896 orang. Dengan rincian, kurban kerbau 16 ekor, sapi 874 ekor dan kambing 626 ekor.

Antusias masyarakat berkurban tersebut dibenarkan Kepala Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara, Heriansyah melalui Kasi Bimas Islam, Mansahri SAg.

“Jika dibandingkan tahun lalu jumlah masyarakat berkurban lebih banyak. Hal terebut menunjukkan  antusiasme masyarakat meningkat,” jelas Mansahri.

Masih dikatakan Mansahri, bukti antusiasme meningkat terlihat dari jumlah hewan kurban masyarakat tahun 2017 lalu. Untuk kurban kerbau tahun 2017 lalu hanya 7 ekor, sapi 524 ekor dan kambing 387 ekor.  “Tahun lalu jumlah sapi yang dikurbankan hanya 524 ekor, sementara tahun ini 874 ekor,” imbuh Mansahri.



Pemotongan hewan kurban akan dilakukan setelah selesai shalat ied disetiap masjid di Kabupaten Bengkulu Utara. Selain di masjid, hewan kurban biasanya juga disembelih disejumlah perkantoran yang ada di Bengkulu Utara. Untuk waktu penyembelihan hewan kurban dikantor biasanya dilakukan satu hari setelah idul adha.

“Beberapa kantor biasanya menyesuaikan untuk penyembelihan hewan kurban, peyembelihan hewan kurban biasanya melibatkan karyawan yang terlibat kepanitian hewan kurban di masjid di desanya,” pungkas Mansahri.(167)