6.095 KK Masuk Daftar Tunggu Bantuan Pemerintah

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Ribuan Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Kepahiang masuk daftar tunggu calon penerima Dana Bantuan Sosial (Bansos) pemerintah. Totalnya mencapai 6.095 KK warga miskin yang belum mendapatkan bantuan sosial, seperti Porgram Keluarga Harapan (PKH), bedah rumah ataupun Bansos lainnya dari Kementerian Sosial dan Pemerintah Kabupaten Kepahiang.

Plt Kadis Sosial dan PMD Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos mengatakan, kebutuhan secara total di Kabupaten Kepahiang 9.626 KK warga miskin yang layak mendapatkan bantuan. Namun kuota yang diberikan Kementerian Sosial (Kemnsos) RI untuk daerah hanya sebanyak 3.351 KK.

“Maka sisanya masuk dalam daftar tunggu, sebab jumlah anggaran yang disalurkan harus sesuai dengan kuota yang diberikan kementerian,” tuturnya.

Menurutnya, data 6.095 rumah tangga miskin tersebut selalu dilaporkan ke Kemensos RI setiap tahunnya dengan harapan agar pemerintah pusat menambah kuota penerima bansos untuk Kabupaten Kepahiang. “Usulan sudah masuk, setiap tahun kita perjuangkan penambahan kuota ini,” ucapnya.

Jumlah warga miskin di Kabupaten Kepahiang memang cukup tinggi. Sehingga setiap tahunnya Dinsos melalui Pemkab Kepahiang selalu mengusulkan penambahan kuota penerimah bantuan sosial. Baik untuk katagori keluarga, seperti PKH atau perorangan melalui beasiswa pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. (320)