573 Orang Sudah Divaksinasi Tahap Kedua

TAIS, bengkuluekspress.com – Vaksinasi gelombang pertama di Kabupaten Seluma untuk tenaga kesehatan dan pejabat publik masih terus berlanjut. Berdasarkan data yang dicatat Dinas Kominfo Kabupaten Seluma total penerima vaksinasi penyuntikan pertama berjumlah 780 orang, dan sebanyak 250 orang ditunda. Kemudian yang telah selesai melakukan tahap kedua penyuntikan sebanyak 573 orang, dan sebanyak 3 orang ditunda.

“Kalau secara persentasenya vaksinasi pertama yang sudah dilakukan 64.52 persen dari target 1.030 orang, sedangkan untuk yang sudah menyelesaikan di tahap kedua sebesar 47.39 persen,” jelas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma H Hendarsyah Sip MT.

Vaksinasi dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada di Seluma mulai dari RSUD Tais, dan seluruh Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Meski demikian dari seluruh target vaksinasi, belum seluruh calon penerima dilakukan penyuntikan. Dijelaskan, masih adanya calon penerima yang belum dilakukan screening terdapat penyakit penyerta, ataupun sedang menjalani pengobatan tertentu. Sehingga vaksinasi ditunda sampai dengan calon penerima vaksin dinyatakan sehat dan siap disuntik.

“Ada yang ditunda karena belum bisa divaksin karena ada penyakit, kondisi kesehatan pada saat mau divaksin tidak memungkinkan untuk divaksin, misalnya tensi darah tinggi, malamnya kurang tidur dan lain lain,” jelasnya.

Hendarsyah menyatakan vaksinasi ini akan terus berlanjut sampai dengan selesai di gelombang pertama untuk tenaga kesehatan. Kemudian vaksinasi akan dilanjutkan kepada TNI-Polri, PNS, hingga petugas pelayanan publik lainnya. (333)