55 relawan demokrasi di kukuhkan

Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – 55 Relawan Demokrasi (Relasi) Bengkulu Utara (BU), telah dikukuhkan dan diberikan bimbingan pelatihan serta pembekalan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Utara, kemarin (24/1) bertempat di wisata Taman Hutan Kota Arga Makmur Bengkulu Utara sebelum nantinya akan diterjunkan kelapangan melakukan tugas yaitu memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilu kepada masyarakat Bengkulu Utara, sesuai dengan basis masing-masing dari peserta Relasi ini.

Anggota Komisioner KPU Bengkulu Utara, Divisi Sosialisasi SDM dan Parmas Rama Diandri SIkom mengatakan, setelah dikukuhkannya Relasi yang berjumlah 55 orang ini, diharapkan mampu menjadi perpanjangan tangan KPU dalam mensuskseskan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang, dengan memberikan sosialisasi secara berkala dan pembelajaran-pembelajaran serta pengetahuan tentang Pemilu, salah satunya supaya dapat mengurangi angka Golput.

“Relasi ini diharapkan menjadi perpanjangan tangan KPU dalam mensukseskan Pemilu serantak 17 April mendatang,” kata Andri.

Selain itu Rama Diandri menyampaikan bahwa Relasi ini juga memiliki sikap independensi dan dan netral dalam melakukan sosialisasi Pemilu, dengab tidak melakukan aviliasi terhadap partai politik maupun peserta pemilu pada saat sosialisasi. “Kenetralan dan Independensi sangat kita harapkan pada diri mereka, para Relawan Demokrasi ini,” terang Andri.



Dalam kesempatan tersebut juga anggota Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Divisi Sosialisasi SDM dan Parmas Darlinsyah MSi yang turut hadir memberikan bimbingan teknis menuturkan, peserta Relasi yang terpilih ini merupakan yang terbaik, dan benar-benar memahami tentang pemilu, demokrasi, serta memahami strategi-strategi sosialisasi kepemiluan.

“Selain dari pembekalan ini, mereka sebanarnya juga sudah mumpuni terhadap pengetahuan tentang kepemiluan, dan fungsi KPU Kabupaten Kota adalah sebagai mentor yang membimbing mereka, yang nantinya akan memberikan laporan kepada KPU Provinsi, dan KPU provinsi akan melaporkan ke KPU Pusat,” pungkasnya.

Dalam acara pengukuhan dan bimbingan pelatihan serta pembekalan ini, para peserta Relasi juga melakukan kegiatan olahraga bersama, yaitu kegiatan Outbond yang telah disiapkan oleh KPU Bengkulu Utara yang tujuannya adalah untuk mengeratkan hubungan antara sesama Anggota Relasi dan anggota KPU, agar dapat bekerjasama dengan baik nantinya dalam menjalankan tugas kepemiluan.(127)