54 Jurnalis di Bengkulu Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Foto 1 Hendrik/ BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah meninjau peserta UKW yang sedang menjalani uji kompetensi.

Gub: Profesi Mulia Maka Harus Diimbangi Dengan Kompetensi

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Sebanyak 54 orang wartawan di Provinsi Bengkulu mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) ke -13 yang digelar PWI Bengkulu dalam rangkaian kegiatan hari Pers Nasional.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony, SH. MH mengatakan, PWI Bengkulu mengadakan kegiatan UKW pada 2-3 Maret. Dimana ada 9 penguji yang semuanya merupakan ahli pers di Dewan Pers.

“UKW angkatan ke- 13 ini dengan peserta 54 orang, dimana dibagi 9 kelompok dengan masing-masing kelompok sebanyak 6 orang. Kemudian dikelompokan menjadi 6 kelompok UKW muda, 3 kelompok UKW Madya , dan 1 kelompok UKW Utama,” kata Zacky, Selasa (2/3).

Zacky menerangkan, tujuan UKW ini yakni menambah pendidikan serta kompetensi seorang wartawan agar lebih kopeten serta profesional. Dimana saat ini Copypaste menjadi citra buruk untuk wartawan yang ada.

“Budaya copypaste menjadi musuh Pers saat ini karena membunuh kreativitas dan membunuh semangat pendiri pers. Untuk itu kita harapkan semakin kopeten dan profesionalnya wartawan di Bengkulu,” tegas Zacky.

Senada, tenaga ahli Dewan Pers
Marah Sakti Siregar yang hadir menjelaskan, UKW ini merupakan program dewan pers untuk meningkatkan kopetensi dan pendidikan wartawan. UKW sendiri Dimulai sejak 2010, menghasilkan 8 ribu lebih wartawan yang sudah profesional di Indonesia.

“Hampir 80 persen yang tercatat UKW diselenggarakan oleh PWI,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi serta penghargaan kepada Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah. Karen atas atensi yang tinggi untuk para wartawan yang ad di Bengkulu.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengaku, dirinya sangat mengapresiasi kepada PWI Bengkulu dan dewan pers yang sudh menetapkan Bengkulu menjadi salah satu penyelenggara UKW.

“Saya menghargai teman-teman pers yang penuh manfaat karena profesinya yang mulia. Profesi yang mulia ini harus dibarengi dengan kompeten. Maka UKW ini wajib dilakukan, untuk itu teman-teman media harus serius mengikutinya,” pungkasnya.

Politisi golkar itu menambahkan, media saat ini suatu usaha yang relatif yang besar dan tetap tumbuh meski di era pandemi covid-19.

Kemudian, Rohidin mengajak para insan mediaberkolaborasi membuat transpormasi lompatan besar untuk membangun Bengkulu kedepan.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*