536 Guru Kepahiang Terima Tunjangan Rp 5,1 M

KEPAHIANG, BE – Para guru sertifikasi di Kepahiang tersenyum sumringah. Ini setelah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kepahiang kemarin menyalurkan anggaran sebesar Rp 5,1 miliar lebih untuk pembayaran tunjangan sertifikasi 536 guru.
“Ini tunjangan sertifikasi guru triwulan ketiga. Tunjangan ini merupakan guru sertifikasi yang pembayarannya melalui transfer dana daerah,” ujar ketua panitia sertifikasi guru Kepahiang Riswo SPd.
Pembayaran tunjangan sertifikasi guru ini langsung ke rekening guru penerimanya. Dikpora, kata dia, hanya melakukan pendataan saja. “Adanya pembayaran tunjangan sertifikasi ini diharapkannya bisa menjadi motivasi tersendiri bagi guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya,” ujarnya.
Dijelaskannya saat ini di Kepahiang terdapat sekitar 800 lebih guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik ini bisa mendaftarkan diri untuk diseleksi yang nantinya diikutkan dalam Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013 mendatang. Sebab UKG merupakan sebagai syarat guru untuk memperoleh sertifikasi.
“Untuk kuota penambahan guru sertifikasi di Kepahiang tahun 2013 mendatang kita belum memliki datanya. Namun setiap guru yang belum sertifikasi bisa mengikuti UKG asalkan persyaratannya memenuhi,” jelasnya.(505)