53 Pensiun 54 Tunggu Giliran

Asman Suhadi
Asman Suhadi SP

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Kebutuhan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN), atau yang lazim di sebut PNS di Kabupaten Kaur akan terus bertambah. Pasalnya setiap tahun selalu terjadi pengurangan lantaran adanya ASN yang memasuki masa pensiun, sayangnya sampai pertengahan tahun 2018 ini belum ada kepastian akan pengangkatan ASN baru di Kabupaten Kaur.

Data di Badan Kepegawaian Daerah dan PSMD (BKD dan PSDM) Kaur mencatat tahun 2018 ini terdapat 53 ANS yang mengalami pensiun, belum lagi tahun 2019 sudah menunggu sebanyak 54 ASN yang juga akan mengalami pensiun lantaran umur yang sudah waktunya istrahat kerja.

“Untuk jumlah ASN kita sampai saat ini ada 3047 orang, sedangkan yang pensiun tahunini berjumlah 53 orang,” kata Plt Kepala BKD PSDM Kaur Asman Suhadi SP belum lama ini.

Menurutnya angka ini sesuai degan data umur ASN yang ada di Kabupaten Kaur, untuk tahun 2018 ini rinciannya yakni eselon IIb 1 orang, Eselon III sebanyak tiga orang, eselon IV enam orang sedangkan sisianya yakni 43 orang tenaga staf dan fungsional umum. sementara tahun 2019 mendatang dari 54 orang rinciannya ada eselon IIb satu orang, esleon III dua orang, eselon IV delapan orang dan sisanya staf dan fungsional umum.



“Untuk tahun ini pejabat esleon IIb yang sudah pensiun yakni mantan Kepala BKD ESD sendiri yakni Yusirwan, sementara tahun 2019 mendatang pejabat eselon IIb yang juga akan pensiun yakni kepala Perpustakaan saat ini Asmawan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, terkait dengan pengangkatan ASN dirinya mengaku belum bisa memastikan apakah tahun ini Kabupaten Kaur akan mendapatkan kuota penerimaan PNS. Pasalnya sampai saat ini belum ada informasi terkini dari Kemenpan RB terkait dengan usulan yang sebelumnya sudah di sampaikan pihaknya mengenai kekurangan tenaga ASN.

“Kita lihat kondisi yang ada tentu Kaur saat ini masih kekurangan mulai dari tenaga pendidikan hingga ketenaga kesehatan,” tandasnya.(618)