53 Orang Juarai Penulisan Buku Pengayaan 2012

Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988. Tahun 2012 merupakan penyelenggaraan yang ke-24. Tahun ini Pusat Kurikulum dan Perbukuan  (Puskurbuk) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggara mengumumkan nama 53 pemenang dalam upacara penyerahan hadiah di Hotel Arya Duta, Jakarta, (5/11).

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, didampingi Kepala Balitbang Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, dan Kepala Puskurbuk, Diah Harianti. Dalam sambutannya, Wamendikbud berharap sayembara ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan minat membaca dan menulis di kalangan siswa dan tenaga pendidik. Ia juga berharap sayembara serupa bisa diselenggarakan di daerah-daerah. “ Kita dorong kabupaten dan kota lakukan sayembara seperti ini,” ujarnya.

Tujuan penyelenggaraan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan adalah untuk menggali,mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Ada dua jenis naskah yang disayembarakan. Pertama, Kelompok Pengayaan Pengetahuan, yang meliputi Pengetahuan Alam dan Matematika, Pengetahuan Sosial dan Humaniora, serta Pengetahuan Keterampilan. Kedua, Kelompok Pengayaan Kepribadian yang meliputi Novel, Cerita Pendek, Drama, Puisi, Pantun, dan Biografi.

Sayembara tahun 2012 ini diikuti 847 peserta yang berasal dari 30 provinsi. Peserta terdiri atas 627 orang pendidik dan tenaga kependidikan, 102 siswa, dan 102 orang dari kategori umum. Naskah sayembara yang masuk dinilai oleh dewan juri yang berjumlah 55 orang. Mereka terdiri atas akademisi dari perguruan tinggi, penulis, penyair, dramawan, dan sastrawan. Dari 847 naskah tersebut, terpilih 53 pemenang yang terdiri dari delapan orang kelompok siswa, 12 orang kelompok umum, dan 34 orang kelompok pendidik dan tenaga pendidik.

Usai mengikuti upacara penyerahan hadiah, para pemenang Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan tahun 2012 akan mengikuti beberapa kegiatan, seperti Workshop Penulisan Naskah Buku Pengayaan Kepribadian serta Pengayaan Pengetahuan, dan wisata ke Penerbit Gramedia dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Informasi lebih lanjut mengenai Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan bisa diakses di www.puskurbuk.net. (DM)