51 Warga Lawang Agung Ikut Program Replanting

AIR PERIUKAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 51 warga di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan saat ini mengikuti program replanting sawit. Program yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Untuk Desa Lawang Agung Sendiri. Saat ini sudah mencapai 30 persen untuk proses replanting yang sedang dilaksanakan.

Hal ini disampaikan oleh mantan Kades Lawang Agung, Kirman Effendi, S.Sos siang kemarin. Menurutnya dari 51 warga Desa LA yang ikut program Replanting semuanya mendukung. Serta antusias. Karena dengan adanya program peremajaan sawit ini. Mereka bisa mendapatkan tanaman sawit yang baru. Kemudian semua kebutuhan dalam rangka replanting juga ditanggulangi oleh pemerintah. Masyarakat tidak mengeluarkan biaya apapun.

“Masyarakat Petani di Desa Lawang Agung mendukung sepenuhnya program ini. Karena memang saat ini mereka membutuhkan tanaman sawit yang baru. Apalagi untuk tanaman sawit yang sudah tidak produktif. Sehingga dapat diganti dengan yang baru,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kirman mengatakan bahwa dari total 51 masyarakat Desa Lawang Agung. Sudah mendaftarkan lahannya dengan luas 78 hektar. Serta saat ini sudah sampai tahap persiapan lahan.

“Saat ini tahap persiapan lahan. Karena tanaman sawit yang lama semuanya sudah ditebang,” tegasnya.

Kemudian selama masa tanama sawit. Serta belum menghasilkan. Dinas Pertanian juga membagikan tanaman untuk tumpang sari. Seperti jagung dan kedelai. Sehingga sebelum sawit besar dan menghasilkan. Masyarakat masih tetap bisa memanen jagung dan kedelai nantinya.

“Untuk bibit tumpang sari saat ini juga sudah sampai. Tinggal proses tanam . Setelah sawit ditanam nantinya,” pungkas Kirman. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*