51 Pelajar SMK, Tak Hadir UNBK

ARY/Bengkulu Ekspress Pelajar SMKN 3 Rejang Lebong tengah serius mengikuti UNBK dihari pertama pelaksanaan UNBK Senin (25/3) kemarin. Pada hari pertama pelaksanaan UNBK kemarin, sebanyak 51 peserta UNBK tingkat SMK di Kabupaten Rejang Lebong tak hadir.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dihari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Kabupaten Rejang Lebong, sebanyak 51 pelajar yang telah terdaftar sebagai peserta UNBK tidak hadir. Tidak hadirnya 51 peserta UNBK yang sudah terdaftar tersebut baik karena sudah keluar dari sekolah atau DO maupun karena berhalangan hadir lantaran sakit. Dimana dari 51 siswa yang tidak hadir tersebut, 27 diantaranya karena sudah DO sedangkan 24 lainnya karena sakit.

“Dari tiga sesi pelaksanaan UNBK tingkat SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ada 51 peserta UNBK yang tidak hadir baik karena sudah DO maupun karena berhalangan hadir seperti karena sakit,” sampai Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Curup, Inne Kristanti SP MSi, didampingi Kasi SMK Amdaryani MPd saat memantau pelaksanaan UNBK di SMKN 3 Rejang Lebong, Senin kemarin.

Menurut Inne, jumlah peserta UNBK tingkat SMK yang terdaftar di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, sebanyak 1.258 siswa. Dengan adanya peserta UNBK tingkat SMK yang berhalangan hadir tersebut, maka menurut Inne mereka akan melaksanakan ujian susulan yang akan dilaksanakan setelah selesainya pelaksanaan UNBK tahun 2019 ini.

Sementara itu, terkait dengan kendala sendiri, menurut Inne dalam pelaksanaan UNBK di 13 SMK dari total 14 SMK negeri dan swasta di Kabupaten Rejang Lebong, tidak ada kendala, baik dari jaringan listrik maupun jaringan internetnya, semuanya berjalan lancar. Hanya ada 13 SMK yang melaksanakan UNBK, karena menurut Inne ada satu SMK yang belum memiliki siswa kelas III.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan UNBK ini, tidak ada kendala yang kita temukan baik listrik maupun jaringan internet semuanya lancar,” paparnya



Pelaksanaan UNBK tingkat SMK sendiri, menurutnya akan dilaksanakan selama 4 hari yaitu hingga Kamis (28/3) lusa. Dimana ada empat mata pelajaran yang diujikan yaitu dihari pertama kemarin Bahasa Indonesia, kemudian hari ini Matematika, besok Bahasa Inggris dan hari terakhir teori kejuruan.

“Kita berharap, seluruh pelajar SMK yang mengikuti UNBK tahun ini semuanya lulus,” harapnya. Sementara itu, Kepala SMKN 3 Rejang Lebong, Asep Suparman SPi MPd menjelaskan, jumlah peserta UNBK di SMKN 3 Rejang Lebong sebanyak 123 orang dari 6 jurusan yang ada. Dalam pelaksanaan UNBK sendiri, SMKN 3 Rejang Lebong hanya menggunakan satu kelas dengan jumlah komputernya sebanyak 41 unit.

“Untuk UNBK di SMKN 3 Rejang Lebong ini kita laksanakan tiga sesi masing-masing sesi sebanyak 41 komputer,” papar Asep.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, dalam pelaksanana UNBK sendiri, SMKN 3 Rejang Lebong sudah melaksanakan secara mandiri, dimana semua komputer yang digunakan adalah komputer sekolah. Hal tersebut berbeda dengan tahun kemarin yang mereka masih bekerjasama dengan SMPN 8 Rejang Lebong yang ada disamping SMKN 3 Rejang Lebong. “Berkat bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, saat ini kita bisa melaksanakan UNBK dengan komputer sekolah, kalau tahun kemarin kita bekerjasama dengan SMPN 8 Rejang Lebong,” demikian Asep.(251)