500 Sapi di Mukomuko Diserang Jembrana, 100 Ekor Mati

sapi di Mukomuko banyak terkena virus jembrana.

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Kasus hewan ternak jenis sapi bali milik masyarakat dan kelompok di Kabupaten Mukomuko sejak awal Januari 2021 hingga pertengahan Maret tercatat sekitar 500 ekor sapi diserang virus jembrana serta sekitar 100 ekor mati.
“Sekitar 500 yang terserang jembrana, 100 ekor dinyatakan mati,” sampai Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Warsiman.

Ratusan sapi yang terserang Jembrana itu tersebar dibeberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Ipuh, Selagan Raya dan Kota Mukomuko. Ia juga menyampaikan untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut pemilik ternak diingatkan tidak melepas liarkan, khususnya sapi yang sudah mati supaya dibakar atau dikubur. Sedangkan untuk pencegahan, lanjut Warsiman, saat ini petugas kesehatan hewan tengah melakukan penyuntikan sebanyak 2 ribu vaksin untuk 2 ribu hewan ternak milik masyarakat. “Saat ini petugas kesehatan hewan tengah melakukan penyuntikan baik itu kepada sapi milik warga per individu maupun kelompok. Ini salah satu upaya pencegahan,” bebernya.

Sebanyak 2 ribu dosis vaksin tersebut masih kurang. Karena usulan Kabupaten Mukomuko ke pemerintah pusat melalui provinsi sebanyak 12 ribu dosis.
“Untuk saat ini, 2 ribu dosis vaksin sudah kita terima dan tengah dilakukan penyuntikan untuk 2 ribu sapi bali di daerah ini. Kekurangan vaksin diharapkan dapat didistribusikan kembali oleh pemerintah untuk Kabupaten Mukomuko,” ungkapnya. (end)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*