500 Personil Polres Siaga Amankan Pemilu

Bupati bersama Kapolres Sat mengecek Kesiapan pasukan dalam pengamanan pemilu (2)BINTUHAN, BE– Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 dan mengecek kesiapan personil,  Kepolisian Resor (Polres) Kaur, menyiapkan 500 personel gabungan pengamanan dalam “Apel Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata 2014”. Dalam rangka menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) secara nasional  di halaman Mapolres Kur, Kamis (20/2).
Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB kemarin, dihadiri oleh Bupati Kaur Dr,H. Hermen Malik,M.Sc Wakil Bupati Hj.Yulis Suti Sutri, Kapolres Kaur AKBP Dirmanto SH, SIK, Ketua KPU Kaur Siratjuddin Aksah,M,PTd dan seluruh pejabat di lingkungan Mapolres Kaur.
Bupati Kaur Dr H. Hermen Malik MSc  bertindak sebagai inspektur upacara,  mengatakan perlu mengatasi potensi kerawanan dan mempersiapkan sarana prasarana dalam mengamankan jalannya kegiatan tersebut. Polri menggelar operasi kepolisian dengan sandi “Mantap Brata 2014 yang akan dilaksanakan selama 224 hari. Saya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan Pemilu, berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk pidana umum yang harus ditangani oleh Polri secara transparan dan akuntabel,”ungkap Hermen dalam menyampaikan amanatnya kemarin.
Dikatakan Bupati, Polri sebagai penanggung jawab keamanan negeri berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan pemilu 2014. Ia  berharap pemilu khususnya di Kabupaten Kaur berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan melalui apel pasukan gabungan yang digelar Polres ini benar-benar bisa mengamankan pemilu, sehingga nanti pemilu ini berjalan dengan lancar,” harapnya.
Sementara itu, Kapolres kaur AKBP Dirmanto SH,Sik mengatakan, untuk pengamanan pemilu akan dilakukan melalui manajemen terpadu dan kompreshensif serta memberdayakan sumber daya. “Sehingga kita bisa menilai apakah pelanggaran adiminstrasi, kode etik, tindak pidana. Setelah itu ditindaklanjuti sesuai pelanggaran yang terjadi. Karena untuk menjamin stabilitas keamanan Polri menggelar operasi Mantap Brata selama 224 hari. Operasi ini tetap mengedepankan prevetif,” terangknya.
Dalam gelar operasi pasukan pemilu 2014 kemarin, KPU juga mengadakan Mou dengan Polres dan Kejari. Yang mana dalam Mou ini KPU, para ketua partai melakukan tanda tangan di spanduk yang bertulis “Deklarasi Damai Pemilu 2014 Partai Poltik dan seluruh Elemen Masyarakat  Kabupate Kaur.(618)