50 Siswa Seluma Ikuti Seleksi Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti

Jefryy/Bengkulu Ekspress - Pengawas dari kementerian langsung melakukan penyeleksian peserta program keberpihakan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dengan memberikan soal kepada peserta seleksi, kemarin (17/4).
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Pengawas dari kementerian langsung melakukan penyeleksian peserta program keberpihakan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dengan memberikan soal kepada peserta seleksi, kemarin (17/4)

TAIS, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 50 orang siswa SMA/SMK di Kabupaten Seluma, kemarin (17/4/2018), kembali memperebutkan 17 kuota dari program keberpihakan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Program kedua kalinya dilakukan di Kabupaten Seluma ini, dikhususkan bagi daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) untuk memperoleh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri di luar Bengkulu.

“Ini program kementerian pendidikan khusus bagi daerah 3T, agar pelajar bisa mencicipi pendidikan layak di 40 universitas dan 20 Politeknik di Indonesia,” ujar Kepala Bagian Monitoring dan Evaluasi Kemenristekdikti Trida Chairu STP MM didampingi pendamping dari IPB Dr Iwan Hilwan kepada Bengkulu Ekspress kemarin (17/4).

Seleksi untuk mengenyam pendidikan di luar Provinsi Bengkulu ini, serentak dilakukan se-Indonesia dan salah satunya di Provinsi Bengkulu. Mengingat Kabupaten Seluma, merupakan bagian dari kawasan 3T yang sudah ditetapkan berdasarkan surat keputusan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (SK KPDT) sebelumnya.

Disampaikan, melalui program ini pemerintah menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pembinaan atau pembimbingan belajar secara khusus, agar mahasiswa 3T dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan tuntas dan hasil yang baik di Perguruan Tinggi terbaik.

“Dengan harapan program ini mereka dapat mengejar ketertinggalan dan mensejajarkan diri. Sed angkan untuk soal tetap dari pusat dan lembar jawaban akan menjalani pemeriksaan di kementerian,”ujarnya.

Program ini tahun kedua dilaksanakan di kabupaten Seluma. Pada 2017 lalu sudah ada sebanyak 16 orang pelajar  Seluma, menerima program ini dan telah menuntut ilmu di luar Bengkulu. Disampaikan, tahapan pelaksanaan program 3T dimulai dari tahapan pelaksanaan tes tertulis berdasarkan bidang
ilmu masing-masing

“Pelajar diberikan kebebasan untuk memilik universitas yang mereka mau dan melalui tes inilah dengan harapan bisa lolos,” sampainya.

Berlangsungnya program ini difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma. Terhitung dari penyelksian sudah dilakukan melalui prestasi siswa itu sendiri. termasuk jumlah sekolah yang mengirimkan pelajarnya untuk ikut program ini.

“Kita juga bekerjasama dengan diknas kabupaten Seluma untuk menyukseskan program ini agar siswa seluma bisa mengenyam pendidikan di universitas di Luar bengkulu,” imbuhnya.(333)