50 Sapi di Mukomuko Mati Diserang Jembrana

IST/BE
50 Sapi di Mukomuko Mati Diserang Jembrana

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Kasus jembrana di Kabupaten Mukomuko mulai mengganas. Sebab sejak awal Januari 2021 hingga Februari ini, tercatat sebanyak 300 kasus menyerang hewan ternak jenis sapi milik petani, 50 diantaranya dinyatakan mati.
“Virus jembrana mengganas, sebanyak 50 sapi mati,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Junaidi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman.
Warsiman menerangkan, adapun wilayah atau kecamatan yang ada kasus Jembrana, yaitu di wilayah Kecamatan Ipuh, Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Selagan Raya dan Kecamatan Kota Mukomuko.
“Kasus jembrana paling banyak berada di wilayah Kecamatan Ipuh yang mencapai 150 kasus lebih. Kemudian disusul Kecamatan Kota Mukomuko dan beberapa kecamatan lainnya,”bebernya.

Terkait kasus tersebut, kata Warsiman, untuk pencegahan kasus jembrana pihaknya melalui petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) terus melakukan pemantauan perkembangan kasus jembrana serta melakukan upaya pencegahan dengan sarana yang ada saat ini.
“Saat ini (kemarin), kami masih menunggu vaksin dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu,” katanya.

Jikalau vaksin sudah tiba kami langsung distribusikan ke Puskeswan yang ada di tiga Kecamatan untuk segera melakukan vaksinasi untuk mencegah sapi tidak terkena virus Jembrana.
”Saat ini kita terus memantau, jika vaksin sudah tiba akan langsung didistribusikan ke Puskeswan dan selanjutnya petugas tersebut melakukan vaksin,” lanjutnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*