50 Persen Jalan di Seluma Rusak

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma, Syaipullah, S.E, S.T

TAIS,BE – Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma Syaipullah SE ST mengatakan, saat ini sebanyak 50 persen ruas jalan di Kabupaten Seluma, rusak. Untuk memperbaikinya membutuhkan anggaran yang cukup besar pada 2021. Dinas PUPR kesulitan, karena porsi anggaran yang diberikan tidak besar setiap tahunnya. Meski begitu, Dinas PUPR menyesuaikan kegiatan dengan visi dan misi Bupati Seluma terpilih tahun depan, yakni program seribu jalan mulus.

“Sampai saat ini ruas jalan di Kabupaten Seluma, banyak yang rusak. Bahkan hampir 50 persen jalan rusak parah. Terutama untuk kawasan yang ada di hulu. Seperti wilayah Ulu Talo, Ulu Alas, Seluma Utara, Lubuk Sandi desa pedalaman, serta beberapa desa dan wilayah lainnya. Butuh anggaran yang besar untuk bisa melaksanakan pembangunan dan perbaikan ruas jalan tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kadis PU Seluma mengatakan, tahun depan Dinas PUPR Seluma, hanya menerima anggaran sebesar Rp 72 miliar. Kemudian, sebesar Rp 36 miliar yang bersumber dari DAK digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Sedangkan, sisanya DAU (dana alokasi umum) yang sudah dibahas dalam APBD 2021. Anggaran tersebut, selain digunakan untuk pembangunan fisik juga untuk nonfisik. Ditambah dengan anggaran untuk pembayaran gaji bagi ASN serta TPP dilingkungan Dinas PUPR Seluma.

“Anggaran hanya Rp 72 miliar. Itu saja termasuk juga untuk pembayaran gaji dan TPP bagi ASN di Dinas PU serta operasional kantor. Sehingga anggaran yang digunakan untuk pembangunan fisik juga terbatas,” tegasnya.

Menurutnya, idealnya besaran dana untuk infratruktur adalah 10 persen dari besaran APBD. Minimal Dinas PUPR Seluma membutuhkan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Jadi bisa digunakan untuk peningkatan infrastruktur lebih baik lagi.

“Untuk 2021 APBD sudah dibahas. Semoga saja besaran anggaran yang diplot untuk Dinas PUPR Seluma bisa lebih besar lagi sehingga infrastruktur di Seluma bisa lebih ditingkatkan lagi,” singkatnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*