50% Pelanggan PAM Nunggak

air_minum
ILUSTRASI

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dari tahun 2018 lalu sampai dengan tahun 2019 ini, ada sekitar 2.500 pelanggan Perusahaan Air Minum (PAM) Kaur. Namun sayang, hampir setengah dari jumlah tersebut menunggak tagihan air bersih. Ketidaktertiban pembayaran oleh sejumlah pelanggan tersebut disayangkan, karena harga air dari PAM Kaur lebih murah dari daerah lain.

“Kalau pelanggan nunggak ini hampir 50 persen. Dan tunggakannya rata-rata diatas dua bulan. Tapi ada juga yang lebih dari dua bulan,” kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) PAM Kaur, Zairin SE, kemarin (23/5).

Menurutnya, untuk mengatasi pelanggan yang menunggak ini, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penagihan secara langsung kepada pelanggan yang mempunyai tunggakan rekening air lebih dari dua bulan. Penagihan tunggakan akan dilaksanakan oleh petugas yang dilengkapi identitas surat tugas dari PAM Kaur.“Ini salah satu penyebabnya karena mereka malas melakukan pembayaran, membiarkan pembayaran rekening air hingga lebih dari dua bulan dan akhirnya tagihan pun membengkak,” terangnya.

Lanjutnya, selain dengan cara melaksanakan penagihan secara langsung kepada pelanggan, PAM Kaur juga akan mengeluarkan surat peringatan sebanyak dua kali kepada pelanggan yang menunggak. Jika tak digubris juga, pihaknya akan memberikan teguran hingga memutuskan jaringan saluran air PAM.

“Kalau menunggak hingga empat bulan akan ditutup tetap atau diangkat meter airnya. Tapi kebiasaan pelanggan, jika meteran sudah disegel, pelanggan cepat-cepat melunasi tunggakan,” terangnya.

Ditambahkan Bambang, hingga saat ini pihaknya masih melakukan beberapa titik jaringan yang dilalui air bersih. Juga sudah ada 2.000 pelanggan sudah dapat menikmati air bersih, namun sayangnya lantaran instalasi yang belum begitu baik membuat sejumlah jaringan masih banyak mengalami gangguan terutam jaringan air PAM Babat dan Air Naga Rantai Padang Guci.

“Ada beberapa titik pelanggan mulai dari kawasan Bungin Tambun Padang Guci Hulu hingga ke Desa pelajaran Kelam Tengah. Tapi ini akan kita upayakan akan segera diatasi, dan juga kemarin kita sudah menganti pipa yang bocor,” jelasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*