5 Sekolah Belum Miliki Server Cadangan

Hanapi SPd MM
Hanapi SPd MM

CURUP, Bengkulu Ekspress – Menjelang dilaksanakannya Ujian Nasional Berbasik Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kabupaten Rejang Lebong, 5 dari 9 SMP yang akan melaksanakan UNBK masih terkendala dengan server cadangan.

“Hingga saat ini kendala sejumlah sekolah kita yang akan melaksanakan UNBK adalah belum memiliki server cadangan,” terang Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Hanapi SPd MM saat.

Lima sekolah yang akan melaksanakan UNBK namun belum memiliki server cadangan tersebut adalah SMPN 5 Rejang Lebong, SMPN 8 Rejang Lebong, SMP IT Rabbi Radhiyya, SMP Aisyiyah dan SMP IT Khairu Ummah.

Namun menurut Hanapi, saat ini sejumlah sekolah tersebut, tengah mempersiapkan server cadangan. Karena Hanapi memastikan sebelum pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan mulai tanggal 23 April kemarin, seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK harus memiliki server cadangan.

“Kita pastikan sebelum pelaksanaan UNBK, seluruh sekolah yang belum memiliki server cadangan, harus memiliki server cadangan,” paparnya.

Selain itu, pihak sekolah yang akan melaksanan UNBK juga tengah menyiapkan Genset 12.000 Watt. Genset tersebut diperlukan untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik saat tengah dilaksanana UNBK. Untuk pengadaan Genset ini sendiri, menurut Hanapi kemungkinan besar hanya melakukan peminjaman kepada para pelaku usaha yang memiliki genset ukuran tersebut.

“Kalau untuk genset, kita tengah berusaha meminjam, salah satunya kepada beberapa pengusaha yang memilik usaha alat musik,” terang Hanapi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan pada Bulan April nanti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong akan mengirim surat baik ke PLN Rayon Curup maupun Telkom Curup, meminta agar kedua perusahaan negara tersebut memaksimalkan pelayanan khusus dilokasi dilaksanakannya UNBK yaitu tidak melakukan pemadaman listrik dan jaringan internet dari Telkom tidak gangguan.

Peserta UNBK tingkat SMP di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 ini sendiri, mencapai 1.200 orang dari total siswa SMP sederajat yang melaksanakan ujian nasional di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2018 ini sebanyak 4.474 siswa.

“Kalau untuk gladi bersih pelaksanaan UNBK ini sudah kita laksanakan tanggal 20 Maret kemarin, dari hasil gladi tersebut, semuanya peserta sudah siap melaksanakan UNBK,” demikian Hanapi. (251)