5 Sapi Warga Seluma Positif Jembrana

Sapi yang dilepasliarkan, rawan terjangkit Jembrana.

TAIS, bengkuluekspress.com – Terhitung tahun 2020 hingga Maret 2021 sedikitnya lima ekor sapi warga kabupaten Seluma positif terjangkit Jembrana. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya hasil sampel dari Laboratorium Lampung.

“Sebelumnya dua ekor, namun terbaru adalah tiga ekor ternak warga di Kecamatan Sukaraja,” tegas Plt Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial SP MSi, kepada wartawan.

Dibeberkan, jika penyebaran virus Jembrana di Kabupaten Seluma tersebar merata. Sehingga saat ini, peternak haruslah lebih merawat ternak sapi mereka dengan cara mengamankan. Hal ini dilakukan agar sapi lainnya tidak terjangkit.

“Untuk saat ini Sukaraja di Desa Riak Siabun, Rawa Sari, Minggir Sari yang ditemukan positif Jembrana yang diperkuat dengan hasil labor,” bebernya.

Menurutnya, jika dari laporan warga memang sudah banyak ternak sapi yang mati. Namun, itu belum bisa dipastikan terjangkit Jembrana karena tidak dilakukan pemeriksaan sampel. Serta juga diperkuat dengan ciri ciri umum Jembrana.

“Memang sudah puluhan sapi warga yang mati namun kita tidak bisa pastikan setelah tidak diperkuat dengan hasil sampel,” imbuhnya.

Ditegaskan, bahwasanya pencegahan dan penanggulangan akan virus Jembrana dinas pertanian sudah melakukan vaksin sebanyak 800 dosis dan stok tersedia hingga detik ini sebanyak 400 dosis. Penyuntikan dan pemberian vaksin akan terus di lakukan jika telah mendapat laporan dan keluhan.

“Ketersediaan vaksin ini dari APBD provinsi dan APBD Seluma dan hingga saat ini masih tersedia,” ujarnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*