5 Prioritas Pembangunan Kaur di RKPD Tahun 2022

RAKOR: Perwakilan masing-masing OPD dilingkungan Pemkab Kaur, saat mengikuti Rakor Forum OPD dalam rangka penyusunan RKPD 2022 di aula Bappeda dan Litbang Kaur, Kamis (18/3)

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Dan Litbang) Kaur menggelar forum perangkat daerah (OPD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di aula Kantor Bappeda dan Litbang Kaur, Kamis (18/3). Dalam acara dengan tema“Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi yang didukung pamanfatan Infrastruktur dan unggul potensi lokal itu, dibuka langsung oleh Asisten II Setda Kaur Dr Ir Buyung Wiyadi MM.

“Forum OPD ini merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah,” kata Buyung dalam sambutanya, Kamis (18/3).

Dikatakan Buyung, dalam pembahasan forum ini bertujuan untuk memperoleh masukan, yakni tentang penajaman target kinerja sasaran, penajaman program dan kegiatan serta sub kegiatan dan penajaman lokasi dan kelompok sasaran.

Dimana kesemuanya ini dibutuhkan dalam rancangan rencana kerja perangkat daerah dalam hal ini, perencanaan pembangunan yang dilakukan saat ini dengan pendekatan partisipatif melalui musrenbang RKPD di kecamatan yang telah dilaksanakan, dan pendekatan teknokratik melalui renja perangkat daerah serta RPJPD Kabupaten Kaur.

“Di sini saya sampaikan ucapan terima kasih kasih kepada Bappeda selaku koordinator perencanaan pembangunan daerah yang telah bekerja sejak tanggal 17 februari sampai dengan 26 februari 2020 telah selesai melaksanakan musrenbang RKPD di 15 kecamatan,” sampainya.

Ditambahkannya, dimana berdasarkan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan yang menjadi prioritas Kecamatan masih kecenderungan atau didominasi pada usulan pembangunan infrastruktur. Sedangkan usulan pembangunan berkaitan dengan peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan dan pemberdayaan, serta pembangunan sumber daya manusia masih kurang mendapat porsi prioritas.

Sehingga dalam penyusunan RKPD Kabupaten Kaur tahun 2022 mendatang ada lima yang menjadi prioritas pembangunan yakni 1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, 2. pembangunan infrastruktur, 3. pengembangan ekonomi berbasis kerakyatan, 4. peningkatan kuantitas dan kualitas layanan dasar dan reformasi birokrasi.

“Di sini saya tekankan kepada pimpinan OPD agar benar-benar serius menyusun rencana kerjanya agar memberikan pelayanan publik, dan mampu menghadapi isu strategis saat ini dan mendatang, seperti tingkat kemiskinan dan lainnya,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*