5 PKBM Aktif, 1 Terakreditasi

Ilustasi PKBM
Ilustrasi PKBM

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Mukomuko, mencatat hanya lima Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang aktif. Yakni, PKBM Permata Bunda di Sungai Ipuh Kecamatan Selagan Raya, PKBM Miftahul Ulum di Penarik, PKBM Bina Mandiri di Air Dikit, PKBM Darul Amal Pondok Suguh dan PKBM Mata Dewa di Ipuh. Dari lima PKBM tersebut, 1 PKBM, yaitu Permata Bunda telah terakreditasi pada tahun 2017 yang lalu. Demikian diungkapkan Kepala Dispendikbud Kabupaten Mukomuko, Saburdi melalui Kabid Paudni, Darsono.

Tahun 2018 ini, kata Darsono, PKBM Miftahul Ulum, PKBM Mata Dewa dan PKBM Darul Amal telah mengajukan akreditasi. Saat ini tengah diverifikasi untuk diteliti kelengkapan administrasinya.

“Masih di verifikasi dan belum dapat dipastikan ketiganya terealisasi seluruhnya atau tidak. Karena yang menentukan langsung dari pemerintah pusat,”jelasnya.

“Namun, sepanjang semua persyaratan lengkap, peluang besar bagi ketiga PKBM itu disetujui terakreditasi,” bebernya.

Adapun syarat akreditasi PKBM, diantaranya ada kantor sekretariat dan papan nama, membuat dokumen laporan yang di sampaikan ke dinas, perlengkapan sarana dan prasarana yang memadai, standar evaluasi dan lainnya. Ia juga menyampaikan agar PKBM Bina Mandiri yang beralamatkan di Air Dikit agar segera mengajukan usulan akreditasi. Sehingga dapat di proses dan berkas persyaratan di verifikasi hingga di usulkan ke pemerintah pusat. (900)