5 PAUD Jadi Negeri

murid paud senam ceriaSEBANYAK lima sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan dijadikan negeri.

“Tahun ini, ada lima PAUD dari swasta akan diubah statusnya menjadi negeri,” ujar Kadispendikbud Kabupaten Mukomuko, Dra Nurhasni MPd melalui Kepala Bidang PNFI, Antoni kepada Bengkulu Ekspress.

Kelima PAUD jadi negeri itu yakni, PAUD Terpadu Junior di Desa Lubuk Sanai II, Bunga Bangsa Lubuk Pinang, Harapan Jaya Pasar Bantal, Harapan Bunda Batu Ejung dan Dharma Pertiwi Bukit Harapan. Diprioritaskannya lima sekolah itu dikarenakan PAUD tersebut yang telah memenuhi persyaratan. Selain sudah beraktifitas, minimal lokasi berdirinya sekolah itu memiliki luas lahan setengah hektar.

“Yang mengusulkan banyak, tetapi yang memenuhi persyaratan terutama luas lokasi hanya lima sekolah itu,” katanya.

Sekolah swasta yang akan dijadikan negeri itu tengah proses hibah ke Pemda Mukomuko. Jikalau lima sekolah itu sudah resmi diserahkan ke Pemda. Seluruh kewenangan mulai dari pembangunan sarana prasarana dan tenaga pengajar dibawah naungan Pemda. Tidak lagi ada kewenangan dari pihak swasta/yayasan yang sebelumnya pertama kali mendirikan. Pun nantinya tenaga pengajar disekolah itu semuanya ditentukan pemda dan diupayakan seluruhnya sudah berstatus PNS.

“Nanti untuk penempatan tenaga PNS diatur lagi khusus di PAUD yang berstatus negeri,” jelasnya. Untuk keseluruhan PAUD di daerah ini yang telah terdaftar berjumlah 159 sekolah. Dari ratusan sekolah itu sebelumnya sudah ada empat PAUD negeri. Tahun ini ada lima sekolah lagi yang dijadikan negeri. Selebihnya masih berstatus swasta.(900)