5 OPD Belum Limpahkan Paket Lelang

ilustrasi-opd_20160823_172658
Foto : Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pertengahan tahun 2019, sebanyak 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum juga melimpahkan 18 paket kegiatan untuk dilakukan lelang ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Adapun ke-5 OPD tersebut, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud ), Dinas Kesehatan (Dinkes) Dinas Pariwista, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) masing-masing 1 pekat.

Sementara sisanya sebanyak 14 paket merupakan paket Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP). Dari total 18 paket yang belum diajukan untuk dilakukan pelelangan nilai pagunya sebesar Rp 11 miliar lebih.

Sementara untuk paket yang telah selesai proses lelang sebanyak 51 paket yang terdiri dari 31 paket telah selesai tandatangan kontrak dan sisahnya sebanyak 20 paket masih dalam proses kontrak. Sementara untuk nilai pagu dari 51 paket yang telah selesai proses lelang sebesar Rp 103,9 miliar lebih.

Kepala Bagian (Kabag) Layanan Pengadaan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Syarifuddin SSos MSi mengatakan, bahwa masih adanya OPD yang belum melimpahkan paket untuk dilakukan proses lelang dikarenakan, pihak OPD dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tahun yang sama.
“Seharusnya perencanaan penganggaran dilakukan pada tahun sebelumnya, agar tidak ada lagi keterlambatan,” jelasnya, kemarin (26/06).

Untuk itulah, dirinya meminta, kepada OPD yang saat ini belum menyampaikan secepatnya kegiatan yang akan dilelang. Karena saat ini telah melewati pertengahan tahun. Jika cepat disampaikan maka pihaknya bisa melakukan proses lelang secepatnya. “Kita beum bisa melakukan proses lelang karena berkas apa yang akan dilelang belum dilimpahkan,” sampai Syarifuddin.(614)