5 Maret, 233 CPNS Kaur Prajabatan

Foto : Ist

BINTUHAN, BE – Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Kabupaten Kaur memastikan Prajabatan (Prajab) penuh bagi 233 CPNS di Kabupaten Kaur, dan dijadwalkan awal Maret 2020 mendatang. Prajab selama 50 hari itu akan digelar serentak atau satu gelombang di Badan Diklat Provinsi Bengkulu.”Kita jadwalkan tanggal 5 Maret 2020, namun kita masih tetap akan koordinasikan kembali,” kata Kepala BKD PSDM Kaur Arsal Adlin MPd, kemarin (20/1).

Dikatakannya, saat ini BKD PSDM masih melakukan berbagai persiapan sebelum Prajab digelar. Selain itu juga koordinasi dengan pihak BKD Provinsi Bengkulu sebab kegiatan dijadwalkan juga serentak se Kabupaten Kaur. Selan Prajab juga digelar pelatihan dasar (Latsar) CPNS. Kegiatan Latsar dan Prajabatan CPNS Pola Kemitraan Provinsi Bengkulu ini diikuti oleh 233 peserta dari tenaga pendidik Dinas Pendidikan, tenaga kesehatan Dinas Kesehatan dan tenaga teknik di lingkungan Pemkab Kaur. Mereka berasal dari 234 CPNS yang lulus tahun 2018 namun sayang, satu diantaranya meninggal dunia.

“Mereka ini nanti mengikuti Diklat di badan Diklat Bengkulu dan sekitar satu bulan dan kita minta kepada peserta agar lebih mempersiapkan diri,” harapnya.

Ditambahkannya, tujuan diadakan Diklat prajabatan bagi CNPS agar mereka bisa menjadi PNS. Karena Diklat ini merupakan salah satu syarat untuk di angkat menjadi PNS 100 persen atau Pegawai Negeri penuh. Seluruh peserta diminta untuk mengikuti pelatihan secara penuh dan disiplin nantinya.

Namun bagi CPNS yang nantinya tidak dapat mengikuti prajabatan lantaran sakit atau ada halangan lainnya, dapat mengikuti prajabatan di tahun kedua. Konsekuensinya, pengangkatan menjadi PNS pun akan tertunda. “Prajab ini merupakan bagian dari proses untuk memasuki tahapan untuk menjadi seorang ASN,” jelasnya. (618)