5 Korban Pasung Segera Dievakuasi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kaur bersama dokter Tim Reaksi Cepat (TRC), dalam waktu akan mengevaluasi lima warga Kaur yang mengalami gangguan jiwa atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang saat ini dipasung oleh pihak keluarganya, ke Rumah Sakit Khusus Jiwa RSKJ di Kota Bengkulu.

“Dari hasil pendataan kita sementara, saat ini ada lima warga yang masih dipasung, dan rencananya Senin (8/6) besok lima korban pasung di Kaur akan dievakuasi di RSJKO Bengkulu untuk diobati,” kata Kepala Dinsos Kaur, H Sidarmin Tetap MPd melalui Kabid Rehsos, drh Rahmat Fajar kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (2/7).

Dikatakan Fajar, lima warga yang mengalami ODGJ itu berada di Desa Sukarami Kecamatan Kaur Tengah 1 orang, Desa Aur Gading Kecamatan Lukang Kule 1 orang, Desa Manau Sembilan 2 Kecamatan Padang Guci Hulu 2 orang dan Desa Bungin Tambun III Kecamatan Pagulu 1 orang. Dimana nanti untuk biaya evakuasi, akan ditanggung pemerintah melalui BPJS. Sehingga bagi yang belum punya kartu BPJS, maka pihak keluarga dapat segera mengurusnya, agar saat evaluasi berlangsung, kartu BPJS sudah di tangan.

“Untuk biaya rehabilitasi korban akan menggunakan kartu BPJS, dan nanti Kemensos menanggung seluruh pembiayaan dan perawatan yang bersangkutan hingga sembuh,”terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga mengimbau agar warga yang mengetahui kasus pemasungan agar dapat menginformasikan petugas Dinsos Kaur, hal ini agar mereka dimasukan ke RSJKO Bengkulu untuk diobati sampai sembuh. Biaya pengobatan mereka akan ditanggulangi oleh Dinas Sosial. Ia juga meminta, kepada masyarakat agar tidak serta-merta memasung keluarganya yang kedapatan menderita sakit jiwa. “Jika ada keluarga mereka yang menderita sakit jiwa agar tak dipasung, dan segera koordinasikan dengan kita untuk kita obati ke RSJKO Bengkulu,” pungkas Fajar.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*