5 Diterima, 1 Dikembalikan

terima (2)
TERIMA : Ketua KPU Lebong, Salahudin Al Khidir SE bersama komisioner dan Panwaslu ketika menerima berkas salah satu Parpol, (17/7).

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Baru sebanyak 5 dari 6 partai politik (Parpol) yang seluruh berkas dan syarat bakal calon legislatif (Bacaleg) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong. Diawali pada pukul 10.30 WIB, Partai Golongan Karya (Golkar) yang pertama mendaftarkan 23 Bacaleg mereka. Selanjutnya Demokrat yang mendaftarkan 25 Bacaleg. Selanjutnya Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendaftarkan 25 Bacalegnya.

Namun dikembalikan lagi oleh KPU Lebong karena masih ada berkas yang belum terpenuhi sehingga harus memenuhinya dan mendaftar sebelum pukul 24.00 WIB tadi malam. Partai Persatuan Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP) yang datang mendaftarkan 21 Bacaleg dan semuanya diterima, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diterima sekitar pukul 18.45 WIB dengan mendaftarkan 18 Bacaleg dan pukul 19.30 WIB Partai Hanura.

Ketua KPU Kabupaten Lebong, Salahudin Al Khidir, SE didampingi Divisi Teknis Penyelenggara, Informasi dan Sosialisasi KPU Lebong, Yoki Setiawan SSos dan Devisi Hukum Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pengawasan, Devi Irawan SH mengatakan, selama 13 hari sejak pembukaan pendaftaran memang tidak ada satupun parpol yang mendaftarkan Bacalegnya.



“Hari terakhir dan pada waktu tinggal berapa jam lagi baru ada yang datang seperti pukul 19.00 WIB baru 5 parpol yang baru mendaftar,”

jelasnya, kemarin (17/07).Untuk itu dirinya sangat menyayangkan arpol baru mendaftar di akhir-akhir penerimaan pukul 24.00 WIB. Akan tetapi sesuai dengan aturan maka semua parpol yang mendaftar sebelum pukul 24.00 WIB (17/07) maka kewajiban pihaknya untuk menerima.“Namun jika baru datang setelah batas waktu, maka kita tidak akan menerima, apalagi hingga saat ini surat edaran dari KPU pusat tentang perpanjangan pendaftaran belum ada kami terima,” sampainya.

Sementara itu Ketua DPC Lebong Partai Demokrat, Azman May Dolan, setelah mendaftar di KPU Lebong mengatakan, bahwa Partai demokrat menargetkan bisa menjadi pemenang di Pileg 2019 mendatang.“Kita optimis kita bisa menang di Pileg 2019 ini,” tegasnya.Apalagi untuk komposisi Bacaleg dari Partai Demokrat semuanya sesuai dengan Dapil jumlah Caleg maksimal yaitu 100 persen yang bisa dipenuhi, ditambah lagi dari syarat minimal 30 persen wanita yang dicalonkan partai Demokrat bisa melebihi 30 persen dari setiap dapil.

“Dari semua Bacaleg yang kita daftarkan yakin semua bisa diterima,” tuturnya.

Bacaleg yang dididaftarkan akan bertarung memperebutkan 25 kursi yang terbagi menjadi 3 Dapil di Kabupaten Lebong yang terbagi menjadi 12 Kursi untuk Dapil 1. Sedangkan untuk dapil 2 sebanyak 7 kurs dan, Dapil 3 sebanyak 6 kursi.(614)