5 Desa Belum Cairkan DD

duit
Foto : IST

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dari 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong, hingga saat ini masih ada lima desa yang belum mencairkan dana desa dan anggaran dana desa. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Rejang Lebong, Achmed Chalid ST.”Hingga saat ini masih ada lima desa di Rejang Lebong ini yang belum mencairkan dana desa dan anggaran dana desa,” sampai Achmed.

Lima desa yang belum mencairkan dana desa dan anggaran dana desa tersebut adalah Desa Air Mundu dan Desa Selamet Sudiarjo di Kecamatan Bermani Ulu Raya, kemudian Desa Cawang Lama dan Desa Air Meles Atas di Kecamatan Selupu Rejang serta satu lagi Desa Tanjung Sanai I di Kecamatan Padang Ulak Tanding.



“Kendala dari lima desa tersebut, yaitu mereka kesulitan dalam menginput APBDes ke Siskudes (Sistem Kuangan Desa),” terang Achmed.

Terkait dengan tahapan pengajuan pencairan dana desa sendiri, Achmed mengaku pihaknya sudah sudah mengingatkan serta melakukan pendampingan terhadap desa-desa tersebut, bahkan untuk jadwal pengajuan pencairan dana desa dan ADD juga sudah mereka sampaikan. Namun dengan masih adanya lima desa yang belum mencairkan dana desa tersebut, maka menurutnya pihak Dinas PMD Rejang Lebong terus mendorong kelima desa tersebut untuk segera mengajukan pencairan dana desa maupun anggaran dana desa.

Terkait dengan penginputan APBDes ke Siskudes sendiri, menurut Achmed memang wajib dilaksanakan karena sudah diatur dalam Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dengan keharusan menginput APBDes ke Siskudes tersebut, maka hal tersebut menjadi salah satu persyaratan untuk pengajuan pencairan dana desa.

“Kami berharap kelima desa tersebut bisa segera mengajukan pencairan DD maupun ADD, sehingga baik DD dan ADD tersebut bisa segera digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di lima desa tersebut,” harap Achmed.(251)