5 Cara Antisipasi Penyakit Jantung

Hendarini-BSc-SSos-Ka-Dinkes-BentengPENYAKIT kardiovaskular merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Meski kemajuan teknologi kedokteran mampu meningkatkan harapan hidup pasien, namun pencegahan masih merupakan cara terbaik.

“Kemajuan teknologi dalam bidang penyakit jantung memang sangat pesat. Tetapi teknologi itu membutuhkan biaya yang mahal. Padahal gaya hidup berperan besar dalam kejadian penyakit jantung, karena itu yang lebih penting adalah mengubah gaya hidup”.

Saat ini para ahli dari American Heart Association giat mengampanyekan pentingnya mengetahui angka-angka yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. “Berbagai riset menunjukkan, 75 persen orang bisa digolongkan ke dalam orang beresiko tinggi hanya dengan mengetahui 5 angka,” Kampanye Know Your Numbers tersebut sebenarnya bisa diterapkan oleh setiap orang, termasuk Anda.

Tak ada kata terlambat untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung.
Ketahui 5 angka kunci berikut ini dan konsultasikan pada dokter jika angkanya tidak normal:

1. Tekanan darah
Tidak ada obat untuk menyembuhkan darah tinggi, tetapi kondisi ini bisa dicegah dan dirawat. Tekanan darah yang normal adalah lebih rendah dari 130/80 mm Hg.

2. Kolesterol
Hasil tes lemak darah terdiri dari beberapa angka yang masing-masing menunjukkan kadar total, kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL), dan trigliserida.

Kadar kolesterol total seharusnya kurang dari 200
LDL kurang dari 100 mg/dL
HDL diatas 40 mg/dL untuk pria dan 50 mg/dL untuk wanita
Trigliserida sebaiknya kurang dari 100 mg/dL

3. Gula darah
Kadar gula darah puasa sebaiknya kurang dari 100 mg/dL
Kadar gula darah dua jam setelah makan sebaiknya kurang dari 140 mg/dL

4. Berat badan
Cara menghitung berat badan ideal yang akurat adalah menghitung indeks massa tubuh.
Rumusnya IMT: Berat badan (kg) / tinggi badan (cm)/100)2.
Nilai IMT yang normal adalah antara 18,5 – 25.0

5. Frekuensi olahraga
Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, kita dianjurkan untuk berolahraga 30 menit setiap hari, 5 kali dalam seminggu. (**)