5 Balita Terindikasi Gizi Buruk

CURUP, BE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong mengungkap temuan 5 orang Balita (bayi umur lima tahun) yang terindikasi menderita gizi buruk.  Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dan faktor penyakit keturunan seperti TBC dan Limfa. Hal itu diungkap Kepala Dinkes RL Herwan Antoni SKM, disela rapat evaluasi program Gizi 21 Puskesmas di RL yang digelar di Hotel Kaba, Sukowati Curup, Selasa (27/11).

Diterangkan Toni, panggilan akrab Kadinkes tersebut, saat ini 5 Balita ini, ditemukan dan telah didata oleh pihak Dinkes RL, guna melakukan pemulihan kondisi badan sang Balita ke depannya. “Lima Balita ini ditemukan saat kegiatan road show di daerah Lembak beberpa waktu lalu dalam peringatan hari HKN (Hari Kesehatan Nasional).  Untuk saat ini, ke-5 Balita di bawah umur 5 tahun ini, sedang mendapatkan perawatan medis di RSUD Curup,” kata Toni

Adapun faktor penyebab ke-5 Balita yang dinyatakan positif menderita gizi buruk ini, terang Toni, memang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dari orang tua dan faktor penyakit bawaan yang telah diderita oleh korban saat lahir.  “Dari ke 5 orang Balita ini, kita temukan di daerah PUT, Kota Padang dan Tunas Harapan,” katanya.

Untuk itu, kedepan pihaknya menghimbau kepada semua kalangan masyarakat dan kususnya ke 2 orang tua agar dapat memperhatikan asupan gizi si buah hati ke depannya.  “Kami harapkan masyarakat agar mampu berperan aktif dalam melakukan perbaikan gizi di masyarakat dan keluarga.  Berbagai upaya meminimalisir gizi buruk ini, kami telah melakukan terobosan terkait program pemulihan penderita gizi buruk agar dapat dirawat di RSUD yang dianggarkan melalui dana APBD Rejang Lebong,” pinta Toni. (999)