5.906 Warga Kaur Terima Kartu Tani

SERBU: Ratusan warga yang tergabung dalam kelompok tani saat menyerbu kantor camat Kaur Selatan untuk mendapatkan kartu tani, Selasa (18/8).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 415 warga Kecamatan Kaur Selatan yang masuk dalam beberapa kelompok menyerbu kantor Camat Kaur Selatan mendapatkan kartu tani, Selasa (18/8). Dimana penyaluran kartu tani ini berasal dari 5.906 kartu tani yang disiapkan untuk warga Kabupaten Kaur. Beberapa kecamatan sendiri sejak beberapa hari yang lalu sudah mendapatkan kucuran kartu tani, sementara untuk kemarin disalurkan khusus untuk Kaur Selatan.

“Beberapa kecamatan sudah kita salurkan sejak beberapa hari terakhir khusus untuk hari ini kita menyalurkan ke Kecamatan Kaur Selatan,” kata Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman MSi melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) David Marsal A Md kemarin (18/8).

Dikatakan David, dalam penyaluran kartu tani ini kementan menggandeng Bank Mandiri, dimana setiap petani diberikan kartu tani yang juga berguna sebagai ATM.  Selain kartu tani juga diberikan buku tabungan. Nah nantinya para petani dapat memanfaatkan kartu tani dan buku tabungan itu multi guna.

Dimana mereka bisa menggunakannya untuk menyimpan uang menarik bantuan pemerintah dan juga sebagai syarat untuk mendapatkan kucuran bantuan lainnya bila diberikan oleh pemerintah.

“Mulai tahun ini nantinya penyaluran pupuk bersubsidi juga wajib mengunakan kartu tani, jadi petani itu tergabung di dalam kelompok yang mempunyai kuota nah dengan menggunakan kartu itu mereka bisa menarik kuota pupuk, dan tanpa kartu maka pupuk tak bisa diberikan kepada petani,” terangnya.

Ditambahkannya, kartu tani multi pungsi, nanti pengecer pupuk akan diberikan mini ATM dimana syarat untuk penjualan pupuk yakni non tunai dimana petani datang membawa kartu dan mengambil kuotanya kemudian membayar sesuai dengan harga, artinya pupuk tak bisa dicairkan bila tak melalui petani yang memiliki kuota yang telah disesuaikan dengan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Kartu tani ini nantinya sangat penting, untuk tahap awal ini belum seluruh petani kebagian bagi yang belum mendapatkannya akan ada penyaluran kartu tani susulan, jadi ATM kartu tani ini juga belum ada saldonya masih kosong menunggu penyaluran dari pihak pemerintah,” jelasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*