49 Calon Kepala Daerah Jalani Tes Psikologi

Foto Hendrik/ BE – Sebanyak 49 bakal calon kepala daerah baik gubernur dan wakil gubernur maupun Bupati dan wakil bupati di Bengkulu yang maju pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang mulai menjalani tes psikologi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Sebanyak 49 bakal calon kepala daerah baik gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati di Bengkulu yang maju pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang mulai menjalani tes psikologi.

Tes ini dilakukan salah satu hotel yang ada di Kota Bengkulu, Senin (7/9). Para pasangan calon sendiri saat ini menjalani proses pemeriksaan.

Koordinator lapangan kegiatan pemeriksaan psikologi Ritha Sinthia, S. Psi, M. Si mengatakan, para kandidat bakal calon akan satu hari penuh melakukan asesment psikologi hingga nanti malam.

“Mereka full hari ini mengikuti assesment psikologi sebagai tahapan pencalonan pada pilkada serentak 2020,” kata Ritha.

Wakil ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) ini menjelaskan, tujuan dari diadakannya psikologi guna mengetahui, tingkat kecerdaasan bakal calon, tingkat emosinalnya dan bagaimana penyesuaian sosial para kandidat bakal calon dimasyarakat.

“Untuk hasilnya nanti akan kita rapatkan terlebih dahulu bersama tim, IDI dan BNN dan terakhir bakal diserahkan ke KPU,” jelasnya.

Sementara itu, bakal calon gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah disela assesment mengatakan, hari ini dirinya mengikuti rangkaian tes psikologi dengan para ahli psikolog sebagai tahapan lanjutan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

“Semuanya sama dikasih tes soal psikologi biasa dan besok akan dilanjutkan dengan tes pemeriksaan kesehatan,” kata Rohidin.

Senada, bakal calon gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin mengungkapkan, saat pesikotes hari ini melakukan seperti pada umumnya, mulai dari menjawab pertanyaan-pertanyaan hingga mencocokan gambar.

“Yah seperti pada umumnya nanti akan dilanjutakan sesi wawancara,” tutup Agusrin.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*