48 Peserta UN Tidak Hadir

ASRI/Bengkulu Ekspress PANTAU :Sekda Bengkulu Selatan saat memantau UNBK di SMPN 1 Bengkulu Selatan, Senin (22/4).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Ujian Nasional (UN) untuk pelajar kelas 9 SMP sederajat dan kelas 6 SD sederajat di Bengkulu Selatan (BS) sudah digelar kemarin. Pada pelaksanaan UN dihari perdana ada puluhan siswa tidak hadir. “UN hari perdana ada 48 siswa tidak hadir,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan, Ir Susmanto MM didampingi Kabid Dikdas, Sopyan Anshori MPd.

Sopyan mengatakan ke-48 siswa yang tidak hadir tersebut yakni, 3 siswa kelas y SD. Ke-3 siswa ini rinciannya siswa kelas 6 SD 22, 38 dan 63 masing-masing satu orang. Lalu 45 siswa kelas 9 SMP sederajat. Ke-45 siswa ini yakni siswa SMP Negeri 3, 5, 15, 17, 18, 20, 22, MTS N 1 dan MTS Al-Qur’aniyah masing-masing satu siswa. Kemudian siswa kelas 9 SMP Negeri 4, 7, 14,16, dan SMP Negeri 24 masing-masing 2 siswa. Lalu siswa SMP Pertiwi ada 4 siswa, SMP Unsam ada 10 siswa dan SMPN 12 ada 12 siswa.

“Ke-48 siswa ini semuanya drop out (do) dan ada juga yang menunggu dunia,” ujar Sopyan.

Sopyan menambah pada pelaksanaan UN hari perdana berjalan lancar. sebab untuk sekolah yang menggelar UNBK listriknya hidup dan jaringan internet tidak terganggu. Dirinya berharap hingga pelaksaan UN selesai nanti, tetap tidak ada kendala. “Untuk hari ini berjalan lancar, semoga hingga hari terakhir nanti tetap lancar tanpa kendala,” harap Sopyan.

Sekda Pantau UN Untuk memastikan pelaksanaan UN dihari perdana berjalan lancar, Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan, Yudi Satria SE MM memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ke sekolah- sekolah penyelenggara. Dirinya memantau 2 sekolah, yakni pelaksanaan UN di SMPN 1 Bengkulu Selatan dan USBN di SD Negeri 2 Bengkulu Selatan.



” Hasil pantauan saya pelaksanaan UN hari perdana ini berjalan dengan lancar,” katanya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut dirinya meminta para siswa dapat fokus menjawab soal UN. Sehingga nanti semua siswa di Bengkulu Selatan bisa lulus 100 persen. Dengan begitu bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. ” Kepada anak-anakku, fokuslah jawab soal UNs pastikan semua soal bisa dijawab, sehingga anak-anak ku sekalian lulus semua, ujar Yudi.

PLT kadis Dikbud Bengkulu Selatan, Ir Susmanto MM menambahkan, untuk peserta UN tingkat SMP/MTs diikuti oleh 3.205 siswa sedangkan peserta USBN tingkat SD/MI diikuti oleh 3.197 siswa. Ada 13 SMP yang melaksanakan UNBK ditambah 5 MTs total peserta UNBK sehingga ada 18 sekolah yang menggelar UNBK. “Untuk SMP sederajat ada 18 sekolah gelar UNBK sedangkan SD seluruhnya secara manual,” ujar Susmanto. (369)