450 Prajurit Dikirim ke Perbatasan, Diminta Jadi Contoh Pencegahan Covid-19

Satgas Pamtas RI-Malaysia saat menyium bendera pada tradisi pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Mako Yonif 144/Jaya Yudha Kamis (20/5) kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Selain ditugaskan untuk menjaga kedaulatan NKRI diperbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 144/Jaya Yudha juga diminta untuk menjadi contoh pencegahan Covid-19 di perbatasan.

“Satgas Pamtas ini harus bisa menjadi contoh terkait penerapan Prokes maupun pencegahan penyebaran Covid-19 saat melakukan tugas diperbatasan nanti, karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19” pesan Komandan Brigif 8/Garuda Cakti, Letkol Inf Andar D Panggabean saat tradisi pelepasan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Mako Yonif 144/Jaya Yudha Kamis (20/5) kemarin.

Selain itu, ia juga berharap Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 144/JY juga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik selama penugasan yang rencananya akan dilaksanakan selama sembilan bulan. Dimana menurutnya beberapa tugas yang dilakukan diperbatasan tersebut mulai dari pengecekan patok batas, kemudian patroli bersama dengan tentara Malaysia hingga melakukan pencegahan kegiatan-kegiatan ilegal diperbatasan seperti perambahan hutan, perdagangan manusia, penyelundupan termasuk penyelundupan Narkoba dan minuman keras.

“Dalam melaksanakan tugas saya minta membawa nama baik satuan kita, jangan sampai ada tundakan yang bisa memalukan dirimu dan satuan yang kita banggakan ini,” tegas Letkol Andar.

Di sisi lain, ia juga mengungkapkan sebelum melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 144/JY tersebut sudah dibekali dengan berbagai kemampuan. Dimana menurutnya pembekalan yang dilakukan bukan hanya terkait dengan pengamanan perbatasan saja, namun kemampuan-kemampuan lain untuk bisa membantu mensejahterakan masyarakat seperti tentang cara pertanian bahkan mereka dibekali kemampuan untuk mengajar, sehingga Satgas Pamtas RI-Malaysia ini nanti bisa membantu mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di perbasatan.

“Total 450 prajurit dari Yonif 144/Jaya Yudha yang akan kita berangkatkan, keberangkatan nanti menggunakan KRI dari Palembang menuju Kalimantan,” terang Letkol Andar.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah mengungkapkan bahwa keberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu. Karena menurutnya para prajurit Yonif 144/JY merupakan warga Kabupaten Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu.

“Saya harap prajurit yang bertugas di perbatasan ini nanti bisa menjaga nama baik daerah dan Yonif 144/Jaya Yudha serta bisa sukses melaksanakan tugas,” pesan Wabup. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*