45 Pelamar CPNS Pemprov Gugur

Foto : IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu telah selesai memverifikasi berkas persyaratan calon pelamar CPNS tahun 2019. Dari 731 orang pelamar, BKD menetapkan 45 orang pelamar dinyatakan gugur seleksi administrasi.

Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, BKD akan mengumumkan nama-nama yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) pada tanggal 12 Desember mendatang.

“Nanti kita akan umumkan secara resmi,” terang Diah kepada BE, kemarin (10/12).

Dijelaskannya, pengumuman hasil verifikasi berkas CPNS dapat dilihat di sscasn.bkn.go.id. Di dalam pengumuman itu nantinya akan terlihat siapa yang lulus dan tidak dalam verfikasi berkas. Selain di web SSCASN BKN, hasil verifikasi administrasi juga akan dimumumkan di website Pemerintah Provinsi Bengkulu. “Secara online nanti bisa dilihat,” tambahnya.

Untuk melihat hasil seleksi administrasi itu, peserta CPNS bisa melakukan login di sscasn.bkn.go.id. Kemudian pilih menu riwayat. Di dalam kolom itu akan terlihat status lulus administrasi atau tidak. “Nanti peserta akan tahu apa yang menjadi persoalan tidak lulus seleksi administrasi,” tegas Diah.

Jika merasa diragukan atas hasil verifikasi itu, Diah menegaskan, BKD memberikan peluang sebesar-besarnya bagi peserta untuk melakukan sanggahan. Masa sanggah selama 3 hari, dan BKD Provinsi akan memberikan klarifikasi selama 7 hari ke depannya. “Boleh silahkan untuk memberikan sanggahan,” paparnya.

Dari 45 orang yang dinyatakan TMS itu, menurut Diah, banyak faktor. Seperti tidak lengkap syarat, salah pilih formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan. Termasuk salah mencantumkan akreditasi. “Yang fatal memang tidak bisa ditoleransi,” ungkap Diah.

Setelah semua proses itu selesai, maka BKD akan mengumumkan secara final hasil seleksi administrasi CPNS pada tanggal 26 Desember. Setelah tanggal itu, maka tidak ada lagi masa sanggahan. “Kalau sudah lulus seleksi adminstrasi, silahkan mempersiapkan diri untuk ikut CAT,” tutupnya. (151)