45 Pelajar SMP DO

Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Setidaknya ada 45 orang siswa-siswo SMP di Bengkulu Utara sebagai peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) droup out (DO). Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Bengkulu Utara Margono, MPd kepada awak media, kemarin (24/4).

“Iya benar, sebanyak 45 peserta yang sudah terdaftar mengikuti UNBK tahun 2019 ini telah DO,” kata Margono.

Alasan DO sejauh ini dari informasi yang berhasil dihimpun, bukan dari pihak sekolah maupun kendala dari pihak pemerintah, melainkan karena dari individu siswa itu sendiri. Pasalnya, beberapa siswa ada yang telah menikah dini dan ada juga yang memiliki alasan lain yang tidak bisa mengikuti UNBK. “Bukan karena alasan dari kita, DO-nya para peserta ini karena memiliki alasan tersendiri dari individu itu sendiri. Ada yang menikah dini, dan banyak lagi alasan lain,” bebernya.

Lebih lanjut Margono menyampaikan, mengenai sistem sesi yang dilakukan dalam UNBK kali ini, itu hanya dilakukan untuk beberapa sekolah saja, lantaran peserta di beberapa sekolah tersebut melebihi fasilitas yang ada. Namun demikian ditegaskannya, kendati system dilakukan dengan maksimal tiga sesi ini, proses UNBK tetap berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.

“System sesion ini, sudah di benarkan oleh pihak Kementerian. Itu lantaran, kapasitas peserta ujian yang sekolah melebihi dilakukan dengan system sesion,” terangnya.

Sejauh ini, se Kabupaten Bengkulu Utara UNBK langsung dilaksanakan serentak oleh 82 sekolah setingkat SMP/MTS sederajat. Meskipun ada beberapa sekolah yang masih menginduk, lantaran belum memenuhi akreditasi untuk melaksanakan UNBK sendiri. Di sisi lain, ada juga beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK di sekolah tingkat SMA dan juga menumpang di sekolah SMP lainnya.

“Beberapa sekolah melaksanakan UNBK di sekolah yang memiliki fasilitas, ada juga sekolah yang menggunakan fasilitas sekolah tingkat SLTA. Hal ini dilakukan, di Kabupaten BU belum sleuruh sekolah tingkat SMP memiliki fasilitas untuk melaksanakan UNBK sendiri. Namun dmeikian, UNBK alhamdulillah tetap berjalan lancar,” tandasnya.(127)