BKSDA dan Pokdarwis di Kepahiang Bangun Gerbang TWA

ilusterasi

 

KABAWETAN,bengkuluekspress.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang telah membangun gerbang pintu masuk wisata Bukit Hitam. Tujuannya untuk mempermudahkan para pecinta alam menuju lokasi Bukit Hitam tersebut.
“Disparpora dalam hal ini sifatnya hanya mendukung saja, karena masuk dalam wilayah BKSDA dan kita tidak mempunyai hak untuk melakukan pembangunan,” kata Kepala Disparpora Kepahiang, Tedy Adeba.

Dijelaskan Tedy, Disparpora Kabupaten Kepahiang mensuport penuh gerakan sadar wisata oleh semua pihak. Sehingga tahapan awal memulai pembenahan wisata di Kabupaten Kepahiang dengan dapat berjalan dengan baik.
“Memang untuk membangun pariwisata didaerah kita ini tidak bisa hanya oleh pemerintah saja, namun semua pihak terkait harus ikut bergerak aktif,” ujar Tedy.

Menurut Tedy, dengan adanya gerbang menuju wisata Bukit Hitam, maka masyarakat Kepahiang yang akan melakukan pendakian tidak akan tersesat lagi. Karena BKSDA dan Pokdarwis sebelumnya telah menemukan jalur pendakian, bahkan terdapat 2 jalur pendakian yang ditemukan.
“Palingan ke depan hanya penyempurnaan saja untuk jalur pendakian. Kalau misalnya sekarang sudah ada yang ingin melakukan pendakian sudah bisa dilakukan,” sampai Tedy.

Ditambahkan Tedy, BKSDA dan Pokdarwis melakukan pembangunan gerbangnya, Disparpora Kepahiang ke depan akan melakukan pembangunan rest area di lokasi tak jauh dari gerbang menuju Bukit Hitam.
“Kita hanya melakukan pembangunan rest area saja yang nantinya akan menjadi aset kita, dari situlah nantinya kita akan mendapatkan PAD. Karena untuk melakukan pembangunan fasilitas lainnya di dalam wisata Bukit Hitam itu tidak bisa kita lakukan,” demikian Tedy. (320)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*