Survey Fixpoll : Money Politik Tak Pengaruhi Pilihan

Foto Hendrik/ BE – Direktur Eksekutif Fixpol Media Polling, Muhammad Anas.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Lembaga survey Fixpoll angkat bicara terkait isu money politik atau politik uang yang belakangan center diberitakan.Direktur Eksekutif Fixpol Media Polling, Muhammad Anas mengatakan money politik tidak akan mempengaruhi hasil pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu.

“Kegiatan money politik tidak bisa merubah hasil akhir. Money politik hanya bisa merubah maksimal 3 persen suara, sedangkan selisih survey terakhir di atas 10 persen,” kata Anas, Senin (7/12).

Anas mengatakan, kebanyakan penerima money politik mereka menerima tetapi tidak memilih. Namun ada juga yang tidak mau menerima money politik, hanya sedikit yang menerima money politik dan memilih.

Menurut Anas, ada empat hal yang berpengaruh besar pada elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2020. Pertama adalah kekuatan figur dan kinerja bahwa ada terobosan besar yang dirasakan masyarakat saat Calon menjabat, kebetulan ketiga kandidat pernah menjabat.

“Kita tahu Helmi menjabat Walikota, Rohidin Gubernur Bengkulu dan Agusrin pernah jadi Gubernur. Masyarakat akan melihat siapa diantara ketiganya yang mempunyai terobosan besar ketika memimpin,” ungkapnya.

Anas menambahkan, penampilan debat juga berpengaruh pada elektabilitas Paslon, bagaimana Paslon menguasai panggung, bagaimana performance meyakinkan publik dengan ulasan dan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

“Tentu Paslon yang tidak banyak retorika dan tidak muluk-muluk akan lebih mudah dipahami masyarakat,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*