413 Siswa Diktukba Mulai Jalani Pendidikan


Ary/BE
Kapolda Bengkulu saat membuka Diktukba Polri tahun 2021 di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu, Senin (26/7).

CURUP,bengkuluekspress.com– Sebanyak 413 siswa mulai mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri di SPN Bukit Kaba. Mulainya pendidikan untuk 413 tersebut setelah Senin (26/7) Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Guntur Setyanto MSi memimpin upacara Pembukaan Diktukba Polri tahun 2021 di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu.
Dari 413 siswa Diktukba Polri SPN Bukit Kaba tersebut sebanyak 299 berasal jajaran Polda Bengkulu, kemudian sisanya sebanyak 184 orang merupakan kuota hibah dari Provinsi Papua dan Papua Barat.
“Dalam pendidikan kali ini kita mendapat kuota dari Papua dan Papua Barat sebanyak 184 orang,” terang Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs Guntur Setyanto MSi usai kegiatan pembukaan Diktukba Polri tahun 2021 di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda berpesan kepada para siswa baik yang berasal dari Bengkulu maupun dari Papua dan Papu Barat, mereka harus bisa menyesuaikan cara belajar mereka ditengah pandemi Covid-19, serta mereka harus bisa terus menjaga kesehatan. Dimana menurut jendral bintang dua tersebut saat ini menjadi anggota Polri memiliki karakteristik yang berbeda sehingga harus mereka pahami dan kuasai saat selesai menjalani pendidikan di SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu.
“Sekarang dunia semakin maju, jadi anggota Polri harus bisa menguasai IT dan harus paham dengan budaya,” pesan Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan, pendidikan pembentukan bintara Polri tahun 2021 ini menurutnya sedikit berbeda dari pendidikan-pendidikan sebelumnya terutama dari segi waktu. Dimana untuk pendidikan pembentukan bintara Polri tahun 2021 ini hanya dilaksanakan selama lima bulan, sehingga diakhir tahun 2021 ini mereka nanti sudah dilantik menjadi anggota Polri.
“Meskipun waktunya lima bulan, namun materi dan jadwal pendidikan akan lebih dipadatkan,” papar Kapolda.

Disisi lain ia juga mengungkapkan setelah selesai menjalani pendidikan, para siswa Diktukba Polri ini nanti akan dikembalikan ke kampung halaman mereka masing-masing. Dengan kembali ke kampung halaman mereka, maka menurutnya mereka nanti akan bertanggungjawba kepada daerah mereka, kemudian mereka tidak mengeluarkan biaya yang banyak karena bergabung dengan orang tua serta mereka akan memiliki tanggungjawab sosial dengan lingkungan mereka.
Kegiatan pembukaan Diktukba Polri SPN Bukit Kaba kemarin, juga dihadiri oleh Wakapolda Bengkulu, Bupati Rejang Lebong bersama unsur FKPD Kabupaten Rejang Lebong. Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan tradisi berupa penyiraman air kembang kepada perwakilan siswa, serta penyerahan donasi kepada masyarakat sekitar SPN Bukit Kaba yang terdampak pandemi Covid-19.(251)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*