41 Desa di Benteng Belum Cairkan DD

Kabid Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Neni Zarniawati SH.

 

BENTENG,bengkuluekspress.com – Dari total 142 desa se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), sebanyak 41 desa belum mencairkan dana desa (DD) reguler tahap I.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Benteng, Drs Tomi Marisi MSi, melalui Kabid Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Neni Zarniawati SH mengatakan, keterlambatan penyaluran DD tahap I dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya, ada yang masih dalam proses evaluasi dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) ditingkat kecamatan dan adapula yang masih dalam pembahasan antaran Kades dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
“Dari seluruh desa penerima DD, DD reguler tahap I sudah disalurkan ke 101 desa,” ungkap Neni.
Lebih lanjut, Neni menyampaikan, beberapa desa juga sudah menyelesaikan dokumen APBDes dan menyampaikan usulan pencairan DD ke DPMD Benteng.

Hanya saja, aku Neni, pihaknya memberi kesempatan kepada desa lainnya agar segera menuntaskan APBDes agar penyaluran DD dilakukan serentak dan lebih cepat.
“Saat ini, ada 11 berkas usulan yang sudah masuk dan akan disampaikan KPPN agar penyaluran DD bisa diproses,” aku Neni.

Disampaikan Neni, salah satu item penggunaan DD tahap I ialah penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga yang terkena dampak pandemi Covid-19. Yaitu, sebesar Rp 300 ribu setiap bulan.
“Sesuai dengan aturan, BLT dianggarkan selama 1 tahun penuh atau 12 bulan. Dengan harapan, BLT bisa digunakan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” demikian Neni.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*