40 Siswa Tak Lulus

tak lulusTAIS, BE– Sudah bisa dipastikan 40 orang pelajar SMP di kabupaten Seluma tidak akan lulus ujian nasional (Unas) tahun 2015 ini. Pasalnya 40 pelajar dari berbagai sekolah di kabupaten Seluma ini tidak melanjutkan sekolah serta terdapat juga mereka drop out(DO).

“Tahun 2015 ini memang banyak pelajar kita yang telah mendaftar Unas tidak mengikuti Unas mereka sendiri 4 bulan sebelum Unas telah keluar dari sekolah,” sampai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui Kabid Dikdas Airin MPd kepada wartawan.

Disampaikan, keseluruhan peserta Unas berjumlah 2.979 orang namun setelah dihitung ulang maka mengikuti Unas berjumlah 2939 orang. Ketidak ikut serta Unas ini tertinggi pada MAN Muhammdiyah di Masmambang sebanyak 14 orang, SMP Pajar Bulan 4 orang. Lainnya ada satu dan dua, seperti pada SMP N 5 Seluma. SMP N 6 sebanyak 2 orang, SMP N 12 sebanyak 2 orang, SMP N 14 sebanyak 2 orang, SMP N 15 sebanyak 1 orang, SMP N 16 sebanyak 1 orang, SMP N 18 sebanyak 1 orang,SMP N 23 sebanyak 1 orang,SMP N 25 sebanyak 2. Sedangkan SMP N 28 Sebanyak 1 orang,SMP N 31 sebanyak 1, SMP N 34 sebanyak 1,SMP N 36 sebanyak 1 orang,SMP N 37 sebanyak 1 orang, SMP N 40 sebanyak 1 orang.

“Mereka ini dipastikan tidak lulus Unas ditahun ini. Sehingga Karena mereka memang sudah DO.” Ujarnya

Disampaiakan, untuk MAN di Masmambang yang terdaftar sebanyak 20 orang. Tapi yang tidak hadir sebanyak 16 orang. Sehingga hanya empat orang yang mengikuti pelaksanaan Unas SMP kemarin. Sehingga untuk Man Masmambang ini, Disdikbud Seluma akan melakukan pendalaman dan meminta penjelasan dari Man Masmambang. “Kita telah memintai kebenaran apa yang dilaporkan dalam LJK ini, sehingga esok(5/5) kita akan mengecek ke lokasi langsung,” sampainya.

Kemudian seluruh lembar jawab komputer (LJK) kemarin siang langsung dibawa ke Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu. Karena langsung akan diperiksa oleh panitia dari Diknas Provinsi Bengkulu. Kemudian hasil pemeriksaan nantinya barulah disampaikan ke Disdibud Seluma. “LJK ini akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan Provinsi untuk diperiksa dan kita hanya menerima hasil nya saja,” singkatnya.(333)