40 Rumah Nelayan Mulai Ditempati

IRUL/Bengkulu EkspressPERUMAHAN: Inilah perumahan nelayan yang terletak di Desa Jembatan Dua yang mulai ditempati nelayan Kaur, Minggu (12/5).

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 40 rumah nelayan yang dibangun oleh Kementerian PU dan PR, Dirjen penyediaan perumahan melalui Dinas PU dan PR Provinsi Bengkulu telah menyerahkan pemukiman rumah nelayan. Dengan demikian melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kaur sudah melakukan pembagian kepada nelayan yang berhak menerima. Sehingga saat ini 40 unit perumahan yang berada di Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan dengan tipe 30 sudah ditempati nelayan yang berhak.



“Perumahan yang selama ini dibangun sudah dimanfaatkan 40 perumahan itu sudah dihuni nelayan semua,” kata Kepala DPKP Kaur Drs M Thabri kemarin (12/5).

Dikatakannya rumah khusus nelayan ini statusnya saat ini sudah dihibahkan oleh kementerian kepada Kabupaten Kaur. Selanjutnya Pemkab melalui instansi terkait dalam hal ini Dinas Perikanan dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman sebelumnya melakukan pengaturan regulasinya. Tentunya saja teknisnya nelayan yang menempatinya benar benar nelayan yang belum ada tempat tinggal.

“Sistemnya rumah ini dipinjamkan dengan nelayan, sebelum mereka mapan, namun setelah mereka mampu membangun rumah sendiri dan atau memiliki modal kita harapkan dapat menyerahkan kembali dan akan di berikan kepada nelayan lain yang membutuhkan,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pembangunan rumah nelayan itu sebanyak 40 unit lengkap dengan sumur gali, toilet, kamar tidur dan ruang tamu teras dan lain sebagainya. Selain itu juga dibangun saluran air, pagar dan pemasangan listrik dengan metode mirip perumahan. Dikatakannya alokasi dana yang dikucurkan pemerintah sebelumnya sebesar Rp 4,9 Miliar untuk membangun 40 pemukiman rumah nelayan lengkap dengan fasilitas itu. “Mudah mudahan nantinya Kaur kembali mendapat bantuan ini sehingga jumlahnya kembali bertambah,” harapnya. (618)