40 PPL Dirumahkan Secara Permanen

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 40 tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang akan dirumahkan secara permanen. Pengurangan tenaga PPL harus dilakukan Dinas Pertanian, karena keterbatasan anggaran gaji yang dimiliki tahun ini. Sehingga tak seluruh tenaga PPL yang berjumlah 100 orang diangkat kembali.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan, S. PKP, di Wakili Kabid Program dan SDM Pertanian, Swifanedi Yusda, S.Hut menjelaskan, tidak ada perekrutan tenaga penyuluh baru. “Bagaimana mau rekrut baru, yang ada saja saat ini mau dikurangi. Yang jelas seleksi akan dilakukan pada tenaga PPL lama, tinggal siapa yang lebih kompeten dalam melaksanakan tugasnya selama akan kita rekrut kembali,” tutur Swiefenedi.

Menurutnya, alasan tetap memberdayakan tenaga penyuluh lama, guna mengantisipasi adanya pembukaan data base lagi dari pemerintah pusat. Sehingga Kabupaten Kepahiang bisa ikut ambil bagian, karena memang tenaga penyuluh merupakan tenaga yang sudah lama direkrut. “Yang tenaga penyuluh yang akan direkrut kembali, penilaian juga tergantung dengan rekomendasi dan penilaian Korlu masing-masing kecamatan,” tegasnya.

Seleksinya sudah berjalan sejak awal bulan lalu. Setelah hasilnya diketahui secara pasti, maka pihaknya akan kembali mengangkat PPL yang sudah berpengalaman tersebut. Tenaga penyuluhan pertanian memiliki tugas memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada petani agar dapat memahami program yang digelontorkan pemerintah. (320)