40 Lahan Fasum Disertifikatkan

pengadaan lahan
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Tahun 2019 ini, sebanyak 40 persil lahan untuk fasilitas umum (Fasum) bakal disertifikatkan. Diantaranya, lahan untuk sarana pendidikan, kesehatan dan beberapa lahan fasum lainnya. “Usulan tahun ini 40 persi, seluruh berkas sudah dimasukkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN),” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko, Agus Sumarman melalui Kepala Bidang Aset Daerah, Budiarto.
Jika 40 persil telah diterbitkan.

Jumlah bidang lahan milik daerah yang telah bersertifikat mencapai 260 persil. Jumlah tersebut,lanjut Budi, belum mencapai 50 persen dari jumlah bidang lahan yang menjadi aset milik daerah. Pasalnya dari data yang ada, jumlah lahan milik daerah mencapai lebih dari 600 bidang. Pihaknya menargetkan, seluruh lahan yang masuk dan tercatat sebagai aset milik daerah bersertifikat, meskipun penerbitannya dilakukan secara bertahap.



“Kami upayakan seluruh aset lahan milik pemerintah bersertifikat meskipun bertahap. Setiap tahun, minimal diusulkan sebanyak 60 persil. Dan jumlah tersebut disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,”katanya.

Dengan adanya hak kepemilikan sertifikat lahan fasum, selain tertib administrasi, juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk untuk mengantisipasi terjadinya oknum warga yang akan melakukan penyerobotan.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*