40 Hektar, Tanam Perdana Jeruk Gerga dan Manggis

TUBEI, BE – Bibit jeruk gerga dan manggis Lebong hasil penangkaran akan segera ditanam. Rencananya penanaman perdana akan dilakukan minggu depan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lebong.

“Ini merupakan program pengembangan kawasan jeruk dan manggis di Kabupaten Lebong yang menjadi varietas unggulan. Jeruk Gerga rencananya akan ditanam di lahan seluar 20 hektar dari total lahan seluas 100 hektare. Sedangkan untuk Manggis akan ditanam seluas 20 hektar juga dari total lahan seluas 120 hektar,” jelas Kepala DPKP Lebong Ir Rudi Panca Warman kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan Rudi, untuk penanaman jeruk gerga tersebut akan ditanam di Kecamatan Rimbo Pengadang. Sedangkan untuk Manggis akan ditanam di Kecamatan Bingin Kuning, Lebong Sakti dan Lebong Tengah. “Saat ini baru 4 kecamatan tersebut yang kita lakukan pengembangan jeruk gerga dan manggis. Namun ke depan kita akan berusaha untuk menanam bibit tersebut di kecamatan lainnya. Karena kita mau buah asli Lebong seperti jeruk gerga tersebut dapat dibudidayakan,” kata Rudi.

Di bagian lain, 2 komoditi ini ternyata banyak diminati sejumlah pengusaha. Buktinya permintaan akan bibit produk unggulan Lebong terbilang tinggi.

“Mereka minta agar kita dapat segera menjual bibitnya sehingga pengembanganya bisa secepatnya dilakukan. Tapi kita belum bisa memenuhi keingian para pengusaha tersebut karena selama 2 tahun, bibit jeruk dan manggis ini belum bisa dibawa keluar dari Lebong,” pungkas Rudi.(777)