4 Truk Obat-obatan Tiba

obat tradisional
fOTO ; IST

BINTUHAN KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, tahun ini kembali melakukan pembelian beberapa fasilitas kesehatan. Diantaranya obat pelayanan kesehatan dasar (OPKD), alat kesehatan (Alkes) bahan medis habis pakai (BMHP) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Sektor Dinkes tahun 2018. Hingga kemarin, sejumlah Alkes itu sudah tiba di gudang, sehingga diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat mulai didistribusikan ke Puskesmas di Kabupaten Kaur.

“Yang sudah tiba sudah ada 4 truk, ini semua yang kita beli dengan sistem e-katalog, sedangkan yang manual belum,” kata Kepala Dinkes Kaur, Drs M Tabri melalui Kasi Kefarmasian Alkes dan PKRT, Titin Suriani, S.Farm, APT Senin, (2/7).

Dikatakannya, beberapa Alkes yang sudah tiba tersebut sudah dilakukan pemeriksaan oleh tim Dinkes hasilnya layak untuk digunakan sehingga secepatnya akan segera dilakukan serah terima. Dengan demikian dapat pula diserahkan kepada Puskesmas untuk dapat dimanfaatkan. Selain Alkes, ada juga beberapa fasilitas lain yang saat ini sedang berjalan. “Dari DAK kesehatan ada Rp 2,2 miliar untuk BMHP dan OPKD,” terangnya.

Ditambahkannya, saat ini stok obat dan kebutuhan Alkes sudah mencukupi, sehingga tidak ada kendala lagi. Artinya tinggal pelaksanaan dan teknisnya di Puskesmas masing-masing lagi dalam pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini tentunya pasien. Pihaknya juga rajin memberikan bimbingan ke Puskesmas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan jangan sampai ada masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dari petugas kesehatan. “Kita terus berbenah dan kedepannya kita berharap fasilitas yang ada juga lebih baik lagi,” tandasnya.(618)