4 Tips Menggali Kreatifitas Anak

kreatifitas anakMelihat anak senang menggambar atau bernyanyi, Anda sebagai orangtua pasti akan ikut senang. Namun, di dalam hati mungkin tersimpan pertanyaan, bagaimana ya caranya supaya anak bisa lebih kreatif lagi. Apakah Anda harus memberikan lebih banyak krayon? Mungkin tidak. Justru, memperkenalkannya pada lingkungan baru dan aktivitas lainnyalah yang akan bisa mengasah kreativitas anak. Dan tentu saja ini tidak terlepas dari keterlibatan orangtua. Coba beberapa tips ini untuk membuat anak lebih kreatif:

1. Ajak mereka masuk dapur
Sesekali, biarkan anak ikut memasak bersama Anda dan ajarkan mereka tentang berbagai jenis bumbu dan bahan makanan. Biarkan mereka mencoba resep hasil temuannya sendiri dan ikutlah mencicipi. Bawa juga mereka ke pasar untuk melihat berbagai bahan pangan yang dijual dan ceritakan apa saja yang bisa diolah dari sana. Mengetahui bagaimana makanan yang tersaji di rumah itu dibuat dan dari mana asalnya akan menjadi cara yang bagus untuk menstimulasi rasa ingin tahu mereka. Dan, siapa tahu akan memunculkan hobi yang baru!

2. Matikan televisi, nyalakan musik
Jika anak sering membuat PR atau menggambar sambil menonton televisi atau melihat komputer, cobalah cara yang lain. Putar berbagai jenis lagu yang menarik, yang mungkin tidak pernah mereka dengar -mulai dari komposisi musik klasik hingga lagu balada, dari band zaman dulu hingga yang sedang tenar saat ini. Menyimak alunan musik yang berbeda dapat membantu menumbuhkan inspirasi dalam diri anak, dengan cara yang tidak terduga.

3. Jawab pertanyaan anak dan ajukan pertanyaan
Mungkin Anda sedang stres, capek, atau tidak kepingin menjelaskan jawaban dari pertanyaan “kenapa…?” yang diajukan oleh anak. Tapi, penting bagi para orangtua untuk memahami bahwa memberikan respons pada pertanyaan-pertanyaan kritis anak itu dapat menumbuhkan rasa ingin tahu mereka. Trik lain agar otak mereka selalu terstimulasi adalah dengan mengajukan pertanyaan balik. Misalnya, “Kalau kamu bisa melakukan apa saja, apa yang akan kamu buat?” Jawaban anak pasti akan membuat Anda terkejut dan merasa terhibur. Sementara anak juga senang ditanya seperti ini.

4. Rencanakan hari khusus untuk bepergian
Terserah Anda mau menamakannya apa. Apakah Hari Bertualang (biar kesannya seru) atau cukup Hari Jalan-jalan. Pada hari itu, saatnya keluar dari kegiatan rutin dan tempat-tempat yang selalu dikunjungi. Bawalah anak-anak ke suatu tempat baru yang bisa membuka pikiran dan mengasah imajinasi mereka. Bisa dengan pergi ke museum, ke taman, atau ke gunung. Usahakan untuk mengajak mereka berkunjung ke tempat-tempat baru sesering mungkin. Libatkan anak dengan bertanya, tempat seperti apa yang ingin mereka kunjungi. Atau, tanyakan padanya apa yang sedang dipelajari di sekolah dan ajaklah ke tempat yang berhubungan dengan pelajarannya itu.(**)