4 Rumah Terancam Longsor

KARANG TINGGI, BE- Sebanyak empat rumah di Desa Taba Mutung terancam tertimbun longsor. Pasalnya, tanah bekas pengerukan sebuah lahan kebun di atas perbukitan di desa itu kini merembet ke rumah warga. Akibatnya, jalan di salah satu gang desa tersebut tak bisa dilewati karena berlumpur. Warga pun mulai cemas sewaktu-waktu akan terkena longsor.

“Kami sudah melapor ke pemilik lahan Aw, tapi dia malah melempar ke orang tuanya Aj, yang dikatakan mengerjakan lahan itu,” kata Sr, seorang warga di desa tersebut.

Sr melanjutkan kekhawatiran itu bukan tanpa dasar. Terlebih saat ini musim penghujan. Warga khawatir suatu waktu dapat terkena longsor. Apalagi kondisi jalan saat ini sudah berkubang dipenuhi lumpur bekas tanah kerukan lahan itu. Warga tak bisa melintas.
“Kini warga tetap tinggal di dalam rumah, tapi mereka was-was kalau hujan deras terus mengguyur, bekas kerukan tanah bisa menimpa rumah. Warga pun sudah mengeluhkan hal ini,” tambah Sr.

Dikemukakannya, bila ada 4 rumah yang terancam ditimbun longsor karena dekat dengan lokasi kebun. Bila tak segera ditangani warga mengancam akan melapor ke camat.
“Kami sudah lapor kades tapi tak ada tanggapan, kalau tak ada hasil, kami akan teruskan ke camat,” ancamnya. (122)