4 Rumah Digenangi Air

IMG_3182CURUP UTARA, BE – Hujan deras yang terus membasahi bumi Rejang Lebong, menyebabkan empat rumah di Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara sejak seminggu terakhir tergenang air. Pantauan wartawan, rumah milik empat warga, diantaranya Sukir, Edi Triono, Nizar, Lukman tergenang air rawa dengan kedalaman mencapai 30 centimeter, bahkan lebih saat hujan deras terus terjadi.

Kondisi itu menggugah Ketua TP PKK Rejang Lebong Hj Susilawati SE MM. Secara pribadi sekitar pukul 11.30 WIB, Senin (11/2) kemarin, ia menyempatkan diri mengunjungi korban banjir. Kepada wanita yang akrab disapa ibu Sus itu, Edi Triono salah satu warga menyampaikan kondisi banjir terjadi sejak pembangunan gorong-gorong sebagai saluran air, oleh salah seorang warga yang menyebabkan air menggenang.

“Saya sudah lima tahun tinggal di Desa Pahlawan, setiap kali hujan tidak ada banjir seperti ini. Sejak ada pembangunan gorong-gorong air dari rawa yang terletak tidak jauh dari pemukiman kami meluap dan menggenangi perumahan kami,” tutur Triono.

Triono berharap pemerintah bisa memberikan solusi terhadap persoalan warga tersebut. “Kami minta dibuatkan saliran air yang layak, sehingga air di rawa yang terletak berdampingan di rumah kami tidak meluap setiap kali hujan deras datang,” harap Triono.

Kepada masyarakat yang ditemuinya, Ibu Sus menyampaikan permintaan agar masyarakat melalui perangkat desa setempat dapat melaporkan bencana tersebut secara resmi ke intansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) “Melalui intansi terkait, kita harapkan persoalan banjir yang menimpa warga ini bisa segera teratasi,” pinta ibu Sus.

Di bagian lain, Camat Curup Utara Zulfan Effendi mengaku telah menyampaikan persoalan banjir yang menimpa warga tersebut kepada BPBD. “Kalau dari Dinsosnakertrans sudah diberikan bantuan, kita harapkan ada penanggulangan lain dengan membuat saluran air lebih layak, sehingga ketika air hujan air rawa tidak menggenangi rumah masyarakat,” terang Camat. (999)